Kesehatan keluarga terjaga

Kesehatan Keluarga Terjaga, Lakukan 5 Cara Ini!

Kesehatan keluarga terjaga – Tahukah Anda? Udara di dalam rumah Anda sebenarnya dapat 2 – 5 kali lebih tercemar dan beracun daripada udara yang Anda hirup di luar? Ini benar-benar mengerikan, bukan? Hal demikian seperti yang diungkapkan oleh Dr. Manoj K. Ahuja, dari Healing Touch Hospital.

Lalu, apa yang dapat dilakukan untuk memurnikan udara agar Anda bisa menghirup udara bersih di rumah demi kesehatan keluarga terjaga? Simak tipsnya berikut ini.

1. Tingkatkan ventilasi

Ventilasi rumah berfungsi untuk mengurangi tingkat kelembaban yang menjadi masalah utama memengaruhi kualitas udara dalam ruangan. Jika kualitas udara bagus, maka kesehatan keluarga pun terjaga.

Ini bukan berarti Anda harus membuka jendela seharian dan membiarkan polutan dari luar masuk ke rumah Anda.

Alih-alih, pasang ventilasi kecil untuk memurnikan dan mengalirkan udara yang Anda hirup di dalam ruangan. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kipas angin untuk membantu membawa polutan keluar.

Selain itu, pastikan juga Anda memiliki ventilasi di dapur karena memasak dapat menjadi sumber utama polusi udara dalam ruangan, terutama bila Anda memiliki kompor gas.

Ilmuwan yang mengukur kualitas udara dalam ruangan menemukan bila memasak untuk satu kali makan dapat menghasilkan tingkat nitrogen dioksida yang tidak aman untuk dihirup dan kesehatan keluarga terjaga. 

Baca juga: 5 Tips Desain Rumah Sehat yang Mudah Diterapkan

2. Lilin beeswax

Lilin beeswax dapat bertindak sebagai pembersih udara alami untuk kesehatan keluarga terjaga. Jika Anda suka mengisi rumah dengan lilin beraroma, hindari lilin parafin yang berasal dari minyak bumi dan melepaskan benzena, toluena, dan asap hitam ke udara.

Karena lilin parafin lebih berbahaya, pilihannya ada pada lilin beeswax yang mengionisasi udara dan menetralkan senyawa beracun dan kontaminan lainnya. 

Selain meningkatkan kualitas udara di rumah, lilin beeswax juga menyala secara perlahan sehingga Anda tidak perlu sering menggantinya.

Nyatanya, lilin beeswax murni dapat menghilangkan alergi umum seperti debu dari udara, serta dapat menyala hampir tanpa asap sehingga cocok digunakan untuk Anda yang memiliki anggota keluarga dengan masalah asma.

3. Salt lamp

Kesehatan keluarga terjaga

Salt lamp juga bisa dimanfaatkan supaya kesehatan keluarga terjaga. Salt lamp adalah alat pembersih udara alami yang juga dapat Anda gunakan untuk memurnikan udara di dalam rumah. Menurut ahli, produk kristal garam cenderung mengurangi iritan di udara, patogen, dan alergi dengan mengeluarkan uap air dari udara.

Garam himalayan pink adalah pembersih udara ikonik alami yang dapat menarik racun dari lingkungan dan menetralkannya. Upaya ini dapat Anda lakukan agar kesehatan keluarga terjaga.

Caranya, cukup dengan menambahkan himalayan pink salt lamp di kamar Anda atau dekat meja Anda di kantor. Anda juga dapat membiarkannya di malam hari karena kilau oranye alaminya tidak mengganggu hormon tidur.

Sebagai catatan, salt lamp dapat meningkatkan pemurnian udara lebih banyak saat dinyalakan, dan kabar baiknya juga dapat bekerja ketika dimatikan.

4. Activated charcoal

Activated charcoal atau arang aktif bisa menjadi alternatif pembersih udara alami, lho. Ini juga menjadi salah satu cara agar kesehatan keluarga terjaga. Menurut ahli, produk kristal garam cenderung mengurangi iritan di udara, patogen, dan alergi dengan mengeluarkan uap air dari udara.

Garam himalayan pink adalah pembersih udara ikonik alami yang dapat menarik racun dari lingkungan dan menetralkannya. Cukup dengan menambahkan himalayan pink salt lamp di kamar Anda atau dekat meja Anda di kantor.

Anda juga dapat membiarkannya di malam hari karena kilau oranye alami tidak mengganggu hormon tidur. Sebagai catatan, salt lamp dapat meningkatkan pemurnian udara lebih banyak saat dinyalakan. Namun kabar baiknya, salt lamp juga dapat bekerja ketika dimatikan.

5. Tanaman hias indoor

Kesehatan keluarga terjaga

NASA melakukan penelitian dan menyatakan bila tanaman hias dapat memurnikan dan meremajakan udara di dalam rumah dan tempat kerja. Selain itu, tanaman hias juga dapat melindungi kita dari efek samping yang dikaitkan dengan racun umum seperti amonia, formaldehida dan benzena.

Ini dapat menjadi cara terbaik agar kesehatan keluarga terjaga, yakni dengan melawan dampak polusi di dalam ruangan, terutama bila Anda memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit pernapasan.

Disarankan agar Anda memiliki setidaknya satu tanaman per 100 kaki persegi rumah agar pembersihan udara dapat menjadi lebih efisien untuk dilakukan.

Tanaman terbaik untuk menyaring racun dari udara adalah Peace Lily, yang lebih menyukai sinar matahari sedang. Lady Palm atau Broadleaf Lady Palm yang mudah beradaptasi, namun lebih suka cahaya terang dan tidak langsung.

6. Minyak esensial

Kesehatan keluarga terjaga

Dengan adanya minyak esensial seperti cinnamon, oregano, rosemary, thyme, grapefruit lemon, clove, tea tree oil, maka virus, bakteri, bahkan jamur tidak dapat bertahan.

Hasil studi dari Weber State University menunjukan bahwa Thieves Oil memiliki 99,96 persen tingkat pembunuhan terhadap bakteri di udara.

Ini adalah campuran antiseptik dari minyak esensial termasuk pine needle, cinnamon, thyme, eucalyptus, lemon dan grapefruit yang dapat membantu menjaga rumah bebas dari kuman dan membersihkan udara.

Itulah enam cara memurnikan udara secara alami di dalam rumah. Cara ini bisa menjadi solusi yang cukup efektif agar kesehatan keluarga tetap terjaga. Selamat mencoba.

Baca juga: Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga, Butuh 5 Peran Seorang Ibu

Share this post

Comment (1)

  • tanaman hias adenium Reply

    Adenium adalah tanaman hias yang berasal dari Arab Saudi. Tanaman ini memiliki batang yang berukuran besar dan daun berbentuk oval atau lonjong dengan warna hijau mengkilap. Bunga adenium berukuran besar dan berwarna indah seperti merah, merah muda, putih, ungu, kuning, dan oranye. Adenium sangat tahan kering dan cocok untuk daerah yang memiliki iklim kering. Perawatan adenium tidak sulit dan membutuhkan sinar matahari yang cukup, tanah yang memiliki sistem drainase yang baik, dan pemberian pupuk yang tepat. Adenium dapat bertunas dari biji, pemotongan batang, atau dengan cangkok. Adenium juga populer sebagai tanaman bonsai karena bentuk batang dan akar yang unik. Dengan bunga yang menarik, adenium memberikan sentuhan eksotis dalam taman atau ruangan Anda.

    19/06/2023 at 5:32 AM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *