Lingkungan sehat

7 Tips Menciptakan Lingkungan Sehat di Rumah

Menciptakan lingkungan sehat di rumah turut membantu meningkatkan kesehatan keluarga Anda, lho.

Sebaliknya, lingkungan rumah yang tidak sehat, kacau, berantakan, dan kotor tidak hanya memicu munculnya berbagai penyakit, tetapi juga tidak sehat untuk Anda dan keluarga.

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan sehat di rumah.

1. Ciptakan kenyamanan

Tiap orang memiliki kebutuhan yang kuat untuk mendapatkan keselamatan dan keamanan.

Tidak hanya itu, kita juga mencari kenyamanan fisik seperti lingkungan sehat dengan suhu yang tepat serta kenyamanan psikologis.

Untuk mendapatkan tujuan tersebut, Anda dapat melakukan beberapa hal, seperti:

  • Tingkatkan rasa aman Anda dengan melakukan audit terhadap rumah Anda, misalnya dengan melihat fenomena tindak kriminalitas di sekitar rumah.
  • Untuk meningkatkan keamanan rumah, Anda bisa memasang sistem pengaman CCTV di dalam dan di luar rumah.
  • Evaluasi kenyamanan fisik rumah Anda, mulai dari perabotan, lantai, temperatur dan lainnya. Anda mungkin bisa membuatnya lebih nyaman dengan perubahan sederhana, seperti menambah karpet kecil di samping tempat tidur, atau membeli item yang lebih besar, seperti kursi atau ranjang yang lebih nyaman.
  • Pertimbangkan bagaimana Anda bisa menambahkan beberapa item baru di rumah Anda untuk menciptakan rasa nyaman.

2. Kurangi kekacauan di rumah

Lingkungan sehat

Rumah yang berantakan cenderung dapat meningkatkan tingkat stres Anda. Untuk menciptakan lingkungan sehat di area rumah, Anda harus mulai membereskan barang-barang yang berantakan dan kotor.

Anda bisa mulai dari area yang kecil, misal: bersihkan meja, rapikan rak, atur laci, dan lain-lain.

Kegiatan ini akan memberi Anda rasa senang yang akan membantu Anda ingin melanjutkan ke area lain yang terlihat berantakan.

3. Menyenangkan indera Anda

Lingkungan sehat

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyenangkan indera Anda dan menciptakan lingkungan sehat. Ini dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Pilihlah warna yang menurut Anda menarik untuk dinding dan perabotan rumah Anda.
  • Tempatkan foto dan objek dengan arti khusus bagi Anda di tempat yang sering Anda lihat.
  • Tambahkan karya seni yang Anda suka.
  • Bila Anda suka suara-suara alami, tambahkan elemen air.
  • Pertimbangkan untuk membeli diffuser atau vaporizer yang dapat menyebarkan aroma wangi dari minyak esensial yang Anda sukai.

Baca juga: 5 Tips Dekorasi agar Rumah Minimalis Sempit Lebih Nyaman dan Indah

4. Perbaiki lighting di rumah

Pencahayaan di siang hari, yaitu cahaya alami dari matahari ternyata dapat membuat suasana hati lebih baik, semangat yang meningkat, kelelahan yang rendah, dan kelelahan mata yang berkurang.

Selain itu, cahaya alami yang masuk ke rumah juga akan membuat lingkungan rumah lebih sehat.

Kemudian lengkapi dengan berbagai sumber cahaya seperti floor lamp untuk membuat rumah Anda terlihat lebih apik.

5. Hadirkan alam di rumah

Lingkungan sehat

Hasil penelitian menunjukan bahwa bahkan kontak singkat dengan alam dapat secara signifikan mengurangi stres, mengurangi kemarahan dan ketakutan, serta meningkatkan perasaan bahagia.

Jadi bila Anda ingin memiliki pemandangan pepohonan atau tanaman lain atau elemen alam, letakan kursi nyaman di mana Anda dapat menikmatinya.

Anda juga dapat menambahkan tanaman indoor, akuarium, atau hasil seni bertema alam untuk mendapatkan efek yang sama dan menciptakan lingkungan sehat di tempat hunian.

6. Kurangi suara gemuruh

Anda dapat mengurangi suara keras dan gemuruh di rumah dengan cara sederhana, seperti:

  • Berhati-hatilah dengan kehadiran kebisingan pribadi Anda. Misalnya, apakah Anda benar-benar menonton TV, atau itu hanya sebagai background kebisingan di dalam rumah? Bisakah Anda menggunakan mesin pemotong manual, alih-alih memakai daya listrik? Pilih mode getar untuk ponsel, daripada nada dering terbaru. Bahkan tindakan kecil seperti ini dapat membuat hati Anda merasa damai.
  • Tanam pohon, terutama pepohonan hijau, sebagai pelindung kebisingan.
  • Cobalah untuk memutar rekaman suara alam, seperti air atau burung untuk menutupi kebisingan perkotaan yang menyebabkan stres.

7. Jangan lupakan taman Anda

Lingkungan sehat

Hasil penelitian menunjukan ada banyak manfaat memiliki taman biarpun ukurannya kecil di rumah atau dekat dengan rumah Anda.

Bahkan jika itu taman kota dan Anda bisa mengunjunginya, ini sangat membantu meredakan stres.

Namun jika ingin menikmatinya setiap saat, Anda dapat meneruskan hobi gardening dengan menanam bunga, sayuran atau buah di halaman belakang rumah agar tercipta lingkungan sehat.

Itulah 7 cara menciptakan lingkungan sehat di rumah. Semoga bacaan ini bermanfaat dan membantu Anda untuk menciptkan lingkungan sehat dan keluarga yang lebih sehat.

Baca juga: 7 Syarat Rumah Sehat yang Harus Diketahui

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *