lantai vinyl terbaik

5 Tips Memilih Lantai Vinyl Terbaik Sesuai Kebutuhan

Memilih lantai vinyl terbaik yang akan dipasang di hunian dianggap cukup menantang karena tidak hanya berkaitan dengan membeli produk terbaik, tetapi juga sesuai kebutuhan.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan, misalnya faktor kelembaban, daya tahan, harga, dan lainnya. Jika tidak ingin keliru, berikut tips memilih lantai vinyl terbaik sesuai kebutuhan.

1. Apakah lantai yang akan dipasang ditujukan untuk area dengan kelembaban tinggi?

lantai vinyl terbaik

Jika iya, Anda perlu memilih jenis lantai vinyl terbaik yang sesuai untuk lingkungan dengan kelembaban tinggi atau sedang seperti lantai vinyl tile.

Jika tidak, pada kondisi seperti ini semua jenis lantai vinyl masih dapat digunakan. Ini tidak mengherankan karena lantai vinyl menawarkan keunggulan dapat dipasang di berbagai area hunian rumah.

2. Apakah Anda perlu lantai yang pet-friendly?

lantai vinyl terbaik

Jika iya, Anda akan perlu sebuah lantai vinyl terbaik yang memiliki ketahanan aus superior. Beberapa jenis lantai yang tampaknya tahan aus faktanya tidak seperti itu.

Sebagai contoh, site-finished solid hardwood dapat mudah tergores walau goresan tersebut dapat diamplas. Sebaliknya, cobalah untuk memasang lantai yang tahan lama seperti plank vinyl flooring.  

3. Berapa anggaran persegi lantai vinyl yang Anda punya?

lantai vinyl terbaik

Tentu saja, tiap jenis kayu lantai vinyl terbaik memiliki range harga yang berbeda-beda.

Jadi pada poin ini, Anda sendiri yang tahu berapa anggaran yang Anda miliki dan diperlukan untuk semua pemasangan lantai di hunian.

Ada beberapa faktor yang berkontribusi pada harga jenis lantai vinyl, yaitu:

  • Ketebalan. Lapisan atas lantai vinyl juga dikenal dengan wear layer. Biarpun tidak ada aturan harga, namun wear layer yang lebih tebal berarti harga yang lebih mahal. Wear layer ini seringkali diukur dalam milimeter.
  • Tipe. Harga material akan bervariasi tergantung pada jenis lantai yang Anda pilih. Sheet vinyl, tile, dan plank akan bervariasi dalam hal harga. 
  • Kualitas. Luxury vinyl memiliki kualitas lebih tinggi dan lebih tahan lama dibandingkan dengan produk vinyl standar dan itu dapat dilihat dari harganya yang lebih mahal. 
  • Jika diurutkan dari harga murah ke mahal, harga untuk pemasangannya: tile – sheet – plank – luxury vinyl tile – luxury vinyl plank. 

4. Apakah Anda ingin memasang lantai sendiri?

Bila Anda termasuk orang yang kreatif dan suka DIY, untuk pemasangan lantai vinyl terbaik yang ringan dapat dilakukan sendiri.

Jika Anda memiliki peralatan yang tepat, lantai vinyl dapat dipasang saat akhir pekan. Untuk jenis lantai plank vinyl flooring cenderung menjadi penutup lantai yang paling mudah dipasang sendiri.

Karena masuk kategori floating floor yang artinya tiap papan terhubung ke papan yang berdekatan. Artinya, untuk jenis lantai vinyl terbaik tersebut dapat dilakukan DIY. 

lantai vinyl terbaik

Namun, profesional akan bisa melakukannya dengan mudah dan lebih cepat untuk hasil lantai vinyl terbaik.

Selain itu, untuk beberapa bagian seperti untuk area tangga, akan sulit dipasang bagi non-profesional karena area ini perlu pengerjaan yang lebih rumit dibandingkan dengan area datar lain.

Dengan kata lain, jika Anda ingin terima beres Anda dapat menyerahkannya pada profesional agar tidak terjadi kesalahan dalam hal pemasangan karena hasilnya bisa muncul benjolan atau lekukan yang tidak enak dilihat.

5. Apakah Anda perlu perawatan lantai yang lebih mudah?

Pada dasarnya, perawatan lantai vinyl cukup mudah dan praktis. Jadi untuk poin ini Anda tidak perlu pusing.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan melakukan vacuum atau menyapu lantai secara teratur, serta mengepelnya dengan kain yang lembab.

Dengan begitu, noda dan kotoran bisa segera dibersihkan.

Sedangkan bila terjadi goresan yang membuatnya terlihat kusam, Anda dapat melakukan perawatan dengan mencampurkan air hangat dan sedikit dishwashing soap ke dalam ember.

lantai vinyl terbaik

Lalu, celupkan spons pada air tersebut lalu gunakan untuk membersihkan lantai yang mengalami goresan. Bersihkan semua kotoran yang ada di sana.

Setelah bersih, Anda perlu mengamplasnya dengan gerakan memutar dan secara perlahan.

Nah, setelah Anda tahu tips memilih lantai vinyl terbaik yang perlu bisa disesuaikan dengan kebutuhan, selanjutnya Anda dapat memutuskan jenis lantai vinyl apa yang akan dipasang di rumah.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan produk Balian Flooring yang memiliki kualitas premium dan unggul. Dengan begitu, lantai vinyl yang Anda pasang akan punya umur panjang.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp