Tetap higienis

Panduan Lengkap agar Tetap Higienis dan Sehat di Rumah

Menjaga agar kesehatan keluarga tetap prima merupakan salah satu prioritas yang sekarang ini dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia. Mewabahnya pandemi virus corona membuat banyak orang sadar untuk mengikuti healthy lifestyle dan tetap higienis di rumah.

Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan baik yang dapat membantu Anda dan anggota keluarga tetap higienis sehat yang dapat diterapkan di berbagai ruangan di rumah.

1. Panduan hidup sehat dan tetap higienis di ruang tamu

Tetap higienis

Semua orang berkumpul di ruang keluarga dan ini adalah ruangan pertama yang dimasuki oleh tamu dan hewan peliharaan dari luar sehingga pasti ada banyak kuman yang bersembunyi.

Namun, kuman tersebut tidak akan bertahan lama bila Anda menerapkan tips kebersihan rumah di ruang tamu berikut ini:

Seka permukaan benda

Area tempat semua orang bersentuhan, seperti meja, kursi, dan pegangan pintu seharusnya menjadi bagian pertama yang perlu Anda lap untuk mencegah penyebaran kuman.

Buang ingus yang benar

Tips hidup sehat ini berlaku untuk semua orang. Setelah Anda menggunakan tisu untuk membuang ingus segeralah buang tisunya agar kuman apapun dapat segera disingkirkan sebelum sempat menyebar.

Untuk memudahkannya, tempatkanlah tempat sampah kecil di sudut ruang tamu sehingga akan mudah bagi siapapun untuk menjaga kebersihan ruangan ini.

Praktikan kebersihan yang baik di sekitar hewan peliharaan

Tetao higienis

Hewan kesayangan Anda mungkin terlihat imut dan menggemaskan. Tetapi jangan tertipu karena hewan peliharaan juga menjadi magnet kuman.

Untuk itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan setelah bermain dengan hewan peliharaan, serta bersihkan nampan kotoran segera setelah mereka menggunakannya.

Baca juga: Ingin Rumah Sehat Bebas Penyakit? Ketahui 5 Hal ini!

2. Panduan hidup sehat dan tetap higienis di ruang dapur

Tetap higienis

Bungkus atau tutup makanan yang telah matang dan siap disajikan dengan tisu makanan yang aman untuk makanan. Ini akan membantunya tetap higienis dan fresh dan bebas kuman sampai siap untuk disantap.

Panduan untuk hidup bersih dan tetap higienis di dapur dapat dimulai dengan cara seperti berikut:

Bersihkan permukaan kitchen set Anda

Sebelum Anda menyiapkan daging atau telur untuk dimasak, sebaiknya bersihkan dulu area permukaan dapur.

Karena hal ini bisa menjadi sumber bakteri berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan di mana harus membuang kemasan dagingnya atau cangkang telurnya.

Gunakan talenan berwarna beda

Daging mentah dapat mencemari makanan lain sehingga Anda perlu memakai talenan lain untuk memotong daging. Cara ini juga dapat memastikan tidak terjadi kontaminasi silang dari daging ke makanan lain yang diolah.

Gunakan tisu makanan

Tisu makanan dapat digunakan untuk banyak hal, mulai dari menyeka tumpahan cairan dengan cepat hingga pekerjaan yang lebih besar seperti membersihkan kompor. Anda juga bisa langsung membuangnya setelah dipakai.

3. Panduan hidup sehat dan tetap higienis di ruang kamar mandi

Tetap higienis

Kamar mandi termasuk zona berbahaya yang paling jelas di rumah Anda. Melakukan praktik hidup sehat dan tetap higienis di kamar mandi tentu saja berkaitan dengan kebersihan toilet itu sendiri.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, misalnya:

Siapkan tisu toilet di kamar mandi dan wastafel

Item ini merupakan barang wajib yang harus ad di kamar mandi dan watafel Anda. Tisu ini dapat dengan cepat dipakai untuk menjaga kebersihan tangan atau saat diperlukan untuk membersihkan noda di kamar mandi.

Sediakan sabun cuci tangan

Semua orang seharusnya mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir tiap kali menggunakan toilet.

Tips kebersihan kamar mandi termudah adalah dengan memakai handwash dengan aroma yang Anda sukai. Dengan demikian, tangan menjadi bersih dan aromanya pun menyegarkan.

Siapkan paper towel yang mudah menyerap air

Tidak kalah penting dengan tisu toilet, paper towel yang mudah menyerap air juga perlu disediakan untuk mengeringkan tangan.

Anda jangan sekali-kali mengeringkan tangan dengan menyekanya menggunakan celana atau baju Anda. Hal ini justru membuat tangan kembali tidak higienis.

Jadi untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya selalu menyiapkan paper towel di kamar mandi sehingga praktis digunakan untuk mengeringkan tangan dan tangan tetap higienis setelah menggunakan toilet.

Cuci tangan yang sering

Tetap higienis

Ada satu situasi yang membuat Anda perlu segera mencuci tangan. Misalnya sebelum makan, sebelum dan setelah menyiapkan makanan, setelah memakai toilet, setelah memegang hewan peliharaan, setelah batuk atau bersin, dan setelah masuk ke rumah agar tetap sehat.

Agar mudah dibersihkan dan dirawat, Anda dapat berinvestasi pada produk lantai yang memiliki kualitas premium dari BALIAN™️ Premium Flooring yang memiliki berbagai keunggulan, seperti 100 persen waterproof, resisten terhadap abrasi, dan memiliki banyak motif.

Yang tak kalah penting, BALIAN™️ Premium Flooring juga telah dilengkapi dengan fitur Bio Armor yang efektif 99,9% membunuh kuman dan bakteri. Hal ini telah lolos uji by SGS International Test, lho.

Jadi Anda tak perlu ragu lagi untuk mengganti lantai rumah Anda dengan lantai vinyl dari BALIAN™️ Premium Flooring.

Untuk info seputar produk BALIAN™️ Premium Flooring dan pemasangan, silakan klik di sini.

Baca juga: 6 Alasan Memilih Lantai Vinyl Menjadi Rekomendasi Terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *