Kuman penyakit

6 Alasan Kuman Penyakit Menyukai Ruang Keluarga

Ruang keluarga adalah tempat di mana semua orang berkumpul, bersantai, ngobrol, nonton TV, bahkan ngemil. Dengan begitu banyak aktivitas yang dilakukan, tidak mengherankan bila ruang keluarga menjadi tempat yang disukai kuman penyakit.

Berikut adalah beberapa hal di ruang keluarga yang menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit sehingga dapat memengaruhi kesehatan Anda.

1. Remote control

Kuman penyakit

Remote control untuk TV, musik, sistem games, dan kipas angin disentuh puluhan kali tiap hari. Apakah semua orang di rumah Anda mencuci tangan secara menyeluruh tiap kali menyentuh remote control? Tentu saja tidak.

Remote control dan aksesoris elektronik seperti keyboard dan earphone dapat menarik kotoran, kuman penyakit, dan bakteri seperti E. Coli dan Salmonella. 

Jadi, bila ada seorang anggota keluarga Anda sakit, akan ada lebih banyak kuman penyakit dan bakteri yang menunggu untuk menginfeksi yang lain.

Untuk mencegah hal tersebut, gunakan pembersih disinfektan yang disetujui untuk perangkat elektronik sesering mungkin.

2. Air fresheners

Tidak peduli apakah Anda menggunakan plug-in air freshener, bunga rampai komersial, atau air freshener dalam bentuk semprotan untuk menutupi aroma basi atau apek, itu semua berkontribusi pada polusi udara dan kuman penyakit.

Kuman penyakit

Produk pengharum ruangan, lilin, dan sebagian minyak untuk diffuser seringkali mengandung bahan kimia seperti sulingan minyak bumi, limonene, formaldehid, ester, dan alkohol yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, sakit kepala, dan iritasi mata.

Alih-alih menggunakan produk komersial untuk menutupi bau tidak sedap di dalam rumah, buka saja pintu dan jendela untuk mendapatkan udara segar. Atau, letakan baking soda, activated charcoal atau cuka putih suling di sekitar ruangan untuk menyerap bau.

Jika Anda suka menambah aroma, Anda dapat membuatnya sendiri dari bunga kering dan tambahkan minyak esensial untuk mencegah adanya kuman penyakit.

3. Lilin

Lilin dapat menambah keharuman dan sentuhan dekoratif di ruang keluarga serta menciptakan suasana spesial ketika dinyalakan.

Sayangnya, karena sebagian besar lilin dibuat dari parafin yang diproduksi dengan minyak bumi, maka menyalakan lilin seperti melepaskan bahan kimia seperti keton dan benzena yang dapat menjadi bahan iritan bagi pernapasan sehingga menimbulkan juga kuman penyakit. 

Untuk meminimalisir dampak buruk lilin di ruang keluarga, Anda dapat membeli lilin yang terbuat dari soywax atau beeswas.

Cari juga sumbu yang tidak mengandung kawat atau logam, serta hindari lilin beraroma berat yang dapat menyebabkan iritasi bagi mereka yang memiliki masalah asma dan alergi.

4. Ventilasi pemanas dan pendingin udara

Kuman penyakit

Sistem pemanas dan AC adalah suatu keharusan di sebuah rumah, kecuali bila Anda tinggal di pedesaan yang dapat mengandalkan udara dari luar untuk mendinginkan ruangan tanpa bantuan AC.

Perlu Anda tahu meskipun keduanya dapat memberi Anda kenyamanan sepanjang tahun, namun sistem HVAC juga dapat menyebabkan risiko kesehatan dan menimbulkan kuman penyakit. 

Penyebab terbesarnya adalah penggunaan dan perawatan filter tidak tepat yang dapat menangkap atau menyebarkan bakteri, jamur, dan alergen lain di rumah.

Filter seharusnya diganti secara teratur dan filter yang menangkap partikel halus adalah pilihan yang terbaik. Tidak hanya itu, ventilasi juga harus dibersihkan tiap minggu.

Baca juga: Yuk, Cek 7 Ciri-Ciri Rumah Sehat yang Jarang Diketahui

5. Vacuum cleaner

Kuman penyakit

Perlu Anda tahu bila tiap kali Anda melakukan vacuum, sebagian besar alergen dan bakteri dilepaskan ke udara. Vacuum yang sudah lama dan produk tanpa filter yang dapat dibersihkan atau diganti adalah penyebab terburuk.

Hasil penelitian menunjukan bahwa bakteri dapat tetap hidup selama 1 – 2 bulan dalam kantong atau cup vacuum cleaner yang penuh dengan debu. 

Merek dan harga tidak selalu menjadi indikator terbaik atas vacuum paling aman untuk digunakan. Sebagai solusi, carilah produk yang dilengkapi dengan high-efficiency particulate air filter (HEPA).

Kemudian, bersihkan atau ganti filter secara teratur dan kosongkan kantong atau cup setelah digunakan untuk menghilangkan kontaminan dari rumah Anda.

6. Debu

Apakah Anda merasa ruang keluarga terasa sedikit berat? Perlu Anda tahu bila hampir 20 kg debu dikumpulkan di rumah rata-rata tiap tahun. Debu ini mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan masalah pernapasan bagi mereka yang menderita asma atau alergi.

Selain itu, debu juga dapat mengandung arthropoda mikroskopis serta tungau debu yang berkembang biak dengan cepat. Jika tidak rutin dibersihkan atau dilakukan vacuum, ini hanya akan memicu masalah kesehatan bagi Anda dan anggota keluarga Anda.

Sekarang Anda tahu kenapa ruang keluarga menjadi titik di rumah yang disukai oleh kuman penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu rutin membersihkan ruang keluarga untuk mencegah diri Anda dan keluarga dari infeksi kuman penyakit.

Anda juga bisa mengganti lantai anda dengan lantai vinyl anti bakteri dari BALIAN™️ Premium Flooring. Lantai ini telah dilengkapi dengan Fitur Bio Armor yang dapat membunuh bakteri di atas permukaan hingga 99,9%. Hasil ini juga telah di uji klinis by SGS International Test.

Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera mengganti lantai ruang tamu Anda dengan BALIAN™️ Premium Flooring. Untuk info seputar produk, Anda bisa klik di sini.

Baca juga: 5 Tips Memilih Lantai Vinyl Terbaik Sesuai Kebutuhan

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *