pelapis lantai vinyl

6 Pelapis Lantai Vinyl yang Dapat Digunakan Untuk Hasil Terbaik

Pelapis lantai vinyl dapat menjadi kebutuhan tambahan yang tanpa disadari bisa menjadi sangat esensial dalam hunian.

Pasalnya, dengan menambahkan pelapis lantai vinyl dapat membuat lantai semakin unik dan memukau.

Berikut adalah beberapa jenis pelapis lantai vinyl yang dapat dijadikan referensi untuk mendapatkan tampilan lantai vinyl dengan maksimal.

1. Hardwood/engineered wood

pelapis lantai vinyl

Hardwood (kayu keras) sebagian besar terbuat dari papan yang kokoh, tetapi juga dalam potongan lebih kecil seperti parket.

Engineered wood (kayu rekayasa), sebaliknya, dibuat dari kayu lapis berkualitas tinggi dengan lapisan tipis kayu keras veneer.

Lantai hardwood terbukti dapat bertahan selama beberapa dekade, terutama bila dirawat dengan tepat, seperti menjaganya tetap kering dan pengamplasan tiap beberapa tahun sekali. 

Jenis pelapis lantai vinyl ini juga memiliki nilai estetika tinggi dan kemampuan daur ulangnya tak lekang oleh waktu sehingga membuatnya lebih berharga daripada kebanyakan pelapis lantai lain.

Sementara itu, engineered wood dapat memberi tampilan dan nuansa lantai kayu keras yang sama, bahkan mudah dipasang. 

2. Beton

pelapis lantai vinyl

Dengan popularitas interior bergaya industri modern, lantai beton atau semen pun menjadi pilihan tepat digunakan sebagai pelapis lantai vinyl.

Ada beberapa keuntungan menggunakan pelapis ini karena pelapis beton cenderung hemat biaya, terutama karena tidak ada pelapis lantai lain yang akan ditambahkan ke dalam biaya. 

Juga, lantai dengan jenis pelapis ini cenderung tahan lama dan dapat menahan trafik padat.

Namun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memilih jenis lantai dengan pelapis beton karena proses pemasangan harus diserahkan pada profesional karena akan ada pengamplasan dan penyegelan yang dilibatkan dalam proses ini. 

3. Laminasi

Komposisi lantai laminasi terdiri dari lapisan bening bersama sebuah dekorasi fotografi dengan resin melamin serta inti papan serat.

Pelapis lantai vinyl seringkali meniru kayu dan tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Ada beberapa keuntungan memakai pelapis ini, misalnya dengan teknik printing dan fotografi HD saat ini, hasil dekorasi akan terlihat seperti aslinya.

Selain itu, pengaplikasian pelapis ini juga dianggap punya biaya lebih murah, mudah diinstal dan dilepas.

Produk ini pun dapat digunakan di berbagai area di rumah, seperti kamar tidur, tempat makan, dan ruang keluarga.

Kabar baiknya, jenis lantai ini mudah dirawat, relatif tahan lama, dan resisten terhadap noda karena memiliki lapisan keausan. 

4. Resilient flooring

Karpet menjadi tekstil penutup lantai yang memberi kehangatan dan kenyamanan. Namun setelah terkena noda, akan sulit untuk dihilangkan dan dapat menjadi sarang tungau dan debu.

Linoleum dibuat dari material alami, sebagian besar adalah linseed oil yang mudah dipasang dan dibersihkan.

Namun, linoleum dianggap rentan berubah warna ketika terpapar sinar matahari yang terik. Anda pun disarankan untuk menggunakannya secara indoor.

Vinyl juga sering digunakan dalam bentuk lembaran dan tersedia dalam berbagai warna dan pola. Jenis lantai ini dianggap tahan lama, sekitar 15 tahun bila dirawat dengan baik.

Penting untuk diperhatikan bahwa vinyl juga cenderung penyok atau sobek bila tidak dipasang dengan benar. 

5. Natural stone

pelapis lantai vinyl

Pelapis lantai vinyl dengan natural stone mengacu pada bahan yang umum terdapat di pegunungan seperti marmer, granit, dan slate.

Karena bahan ini berasal dari bumi, tiap ubin yang Anda dapatkan pun akan memiliki kekhasan tersendiri dalam hal coretan, warna, dan komposisi. Tidak heran bila tampilannya cukup unik. 

Pelapis lantai vinyl dengan natural stone membuat sebuah produk lantai menjadi tahan lama, kokoh, dan terlihat menawan.

Tidak heran bila jenis lantai dengan pelapis ini menjadi pilihan terbaik untuk area dengan trafik tinggi. Ini artinya, Anda dapat memasangnya untuk area indoor dan outdoor

6. Ceramic tile

pelapis lantai vinyl

Dikenal sebagai salah satu pelapis paling populer, ceramic tile digunakan terutama untuk area dapur dan kamar mandi.

Pelapis ini dibuat dari pasir dan bahan alami lain yang membuatnya memiliki kualitas tinggi dan tampilan yang terlihat mengkilap.

Selain harganya yang terjangkau, pelapis lantai vinyl ini juga dianggap dapat menutupi berbagai jenis pelapis imitasi, bahkan yang meniru butiran kayu.

Mengetahui berbagai pelapis lantai vinyl dapat membantu Anda menentukan jenis lantai mana yang cocok untuk dipasang di rumah Anda.

Untuk mendapatkan produk dengan pelapis lantai vinyl berkualitas, Anda dapat mempercayakannya pada Balian.

Dengan menawarkan produk premium dan harga bersaing, Anda pun bisa mendapatkan flooring menawan di rumah Anda.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *