4 Pilihan Tepat Bahan Lantai Rumah Untuk Hunian Anda

Pemilihan lantai untuk rumah Anda adalah salah satu keputusan penting yang harus dibuat ketika saat membangun atau memperbaiki rumah Anda.

Mengenal bahan lantai rumah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari desain interior untuk menjadi pelengkap rumah Anda.

Tidak hanya ada ratusan pilihan untuk dipilih, tetapi ada juga sejumlah faktor penting untuk dipertimbangkan berkaitan dengan kepraktisan, daya tahan, dan biaya untuk beberapa jenis bahan lantai rumah.

Lalu, menentukan penggunaan dan pemeliharaan terhadap lantai tersebut agar disesuaikan dengan anggaran dan fungsi ruang.

Bagaimana menentukan lantai rumah yang tepat? Untuk memilih bahan lantai, sebaiknya mulai dengan menentukan apa yang Anda butuhkan. Berikut faktor-faktor yang dapat dipertimbangkan:

bahan lantai rumah

Ruangan: Jenis ruangan, ada beberapa bahan yang tidak ideal untuk setiap ruangan seperti bahan karpet atau kayu keras

Anggaran: Harga lantai dipasaran sangat bervariasi, jadi Anda perlu tahu bahan lantai rumah seperti apa yang sesuai dengan anggaran

Situasi Keluarga: JIka Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, mereka membutuhkan lantai anti-tumpahan dan anti gores

Persyaratan Instalasi: Beberapa bahan lantai rumah memerlukan underlayment atau pad, yang mungkin membutuhkan biaya tambahan

Gaya: Jenis lantai tertentu bekerja lebih baik untuk menciptakan estetika yang tepat daripada lantai lainnya

Pengembalian Investasi (ROI): Biaya atau kualitas yang lebih tinggi sering kali berarti investasi jangka panjang yang lebih baik.

Sebelum Anda memilih, ada baiknya Anda untuk mencari perbandingan antar bahan lantai rumah serta manfaat dan kelemahan masing-masing.

Jangan sampai Anda kecewa dengan pengambilan keputusan yang kurang tepat untuk rumah impian.  

Tidak kenal maka tidak sayang, begitu pepatahnya. Tampaknya pepatah itu juga tepat menggambarkan situasi saat pemilihan jenis bahan lantai untuk rumah ideal Anda.

Tidak mengetahui betul jenis dan ciri khas bahan lantai rumah pilihan, diyakini akan membuat Anda semakin sulit untuk merawat flooring agar lebih bertahan lama.Berikut jenis-jenis bahan lantai rumah agar lebih mudah menentukan pilihan:

Lantai Kayu

bahan lantai rumah

Anda sudah tidak usah meragukan keindahan, dan daya tahan lantai kayu. Nuansa yang dihadirkan mampu membuat rumah terasa hangat dan nyaman.

Bahan lantai rumah yang terbuat dari kayu ini juga dapat ditata dan diwarnai untuk melengkapi setiap selera.

Kelemahan dari lantai kayu tidak mudah dalam hal merawat, bahan seperti kayu ini sangat rentan terhadap kerusakan air.

Selain itu, beberapa jenis kayu yang lebih lembut dapat dengan mudah tergores, sehingga kurang praktis untuk rumah tangga dengan anjing dan anak-anak.

Mungkin kerugian terbesar dari lantai kayu adalah cukup menguras banyak biaya. Biaya untuk pemasangan dan perawatan kayu akan sangat tergantung pada jenis kayu yang Anda pilih dan ukuran luas area lantai Anda.

Lantai Karpet

bahan lantai rumah

Karpet jenis pelapis lantai yang nyaman, menjadikannya pilihan populer untuk kamar tidur dan ruang keluarga. Salah satu manfaat karpet adalah ada banyak corak, warna dan tekstur yang bisa dipilih.

Kekurangan karpet termasuk kerentanannya terhadap noda dan kerusakan air, jadi sebaiknya tidak memasang karpet di kamar mandi, serta kecenderungan karpet bahan lantai rumah yang dapat mengumpulkan debu dan remeh-remeh yang dapat memperburuk alergi dan kondisi pernapasan.

Biaya pemasangan karpet akan tergantung pada kualitas karpet yang Anda pilih dan luas area yang akan dilapisi karpet. Ditambah dengan biaya lainnya adalah bantalan karpet.

Lantai Keramik dan Porselen

bahan lantai rumah

Lantai keramik dan porselen dapat cocok untuk ruang apa pun. Keuntungan dari keramik dan porselen adalah ada banyak pilihan menarik yang memerlukan sedikit perawatan seperti mengepel secara teratur dan dipoles sesekali saja.

Sisi negatifnya adalah mereka bisa menjadi dingin dengan telanjang kaki. Tidak semua biaya pembuatan dan pemasangan lantai sama.

Biaya yang Anda akan keluarkan lagi-lagi tergantung pada lantai yang Anda pilih jenisnya dan luas lantai.

Faktor tambahan, seperti sub-lantai dan penyertaan pola atau desain yang rumit, juga dapat mempengaruhi biaya pembuatan lantai Anda.

Lantai Batu Alam

bahan lantai rumah

Bahan lantai rumah batu alam, termasuk granit, marmer, travertine, dan batu kapur – klasik dan mempercantik ruangan dengan sentuhan alam.

Sayangnya, pemeliharaannya juga tinggi. Meskipun sangat tahan lama, batu alam juga lunak dan keropos, sehingga rentan terhadap goresan dan pewarnaan.

Oleh karena itu, semua batu alam harus dijaga agar bebas dari kotoran dan tumpahan, serta harus disegel kembali secara berkala untuk menjaga kondisinya.

Bahan lantai rumah batu alam yang terawat dengan baik akan tahan lama. Seperti pemasangan lantai keramik, batu alam mungkin memerlukan sub-lantai tambahan, serta waktu dan pertimbangan untuk tambahan seperti pola atau desain yang rumit.

Lantai Vinyl

bahan lantai rumah

Lantai vinyl telah berkembang pesat dalam 20 tahun terakhir. Jenis lantai vinyl ini masih merupakan bahan lantai rumah yang paling terjangkau harga dan biaya perawatan.

Kelebihan lantai vinyl adalah bahwa bahan ini tahan pakai hingga 25 tahun dan tahan terhadap air dan noda.

Dengan kelebihan lainnya adalah ada berbagai opsi motif dan tekstur modern dan sangat elegan untuk interior rumah.

Selain itu, mudah dipasang dan diperbaiki sendiri maupun dengan tenaga ahli. Sebagian besar pemilik rumah menghabiskan antara 150.000 sampai 700.000 untuk memasang lantai vinyl dengan bantuan profesional.

Biaya pemasangan Anda akan tergantung pada bahan yang Anda pilih dan luas area rumah Anda.

Dari jenis-jenis bahan lantai rumah diatas, kira-kira adakah yang sudah masuk kriteria lantai yang Anda inginkan? Lantai karpet? Lantai keramik atau Vinyl?

Jika Anda mencari lantai vinyl dengan kualitas terbaik langsung klik disini. Temukan berbagai tipe lantai vinyl dengan harga terjangkau. Jangan ragu-ragu untuk rumah impian Anda. Selamat mencari!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *