motif lantai vinyl

11 Motif Lantai Vinyl Populer Buat Hunian Makin Eye-Catching

Memilih desain dan motif lantai vinyl yang sempurna untuk ruangan Anda menjadi sebuah proses dari usaha untuk mendapat tampilan yang eye-catching atau menarik untuk dipandang.

Tidak peduli apakah Anda tertarik untuk memilih tampilan kayu atau desain abstrak, motif lantai vinyl yang Anda pilih dapat menjadi karya seni nyata yang akan menyertai hari-hari Anda di kemudian hari. 

Perlu Anda tahu bila di pasaran, ada berbagai macam pola atau motif lantai vinyl, di mana masing-masing tampilan akan memberi nuansa berbeda.

Agar tidak salah memilih desain untuk hunian Anda, tidak ada salahnya Anda memperdalam pengetahuan terkait macam motif lantai vinyl yang dianggap populer di pasaran. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Motif grid

motif lantai vinyl

Motif lantai vinyl grid juga disebut sebagai stack bond, yang merupakan pengaturan lantai dengan semua titik vertikal dan horizontal sejajar secara terus-menerus.

Motif grid juga dianggap sebagai pola yang universal dan cocok untuk papan (plank), ubin (tile) persegi, dan persegi panjang.

2. Motif offset

Motif lantai vinyl universal lainnya untuk papan dan ubin adalah motif offset yang juga disebut dengan running bond.

Pola ini diimbangi dengan setengah lebar papan atau ubin dan secara tradisional dilakukan dengan ubin persegi panjang, biarpun variasi dapat dilakukan dengan papan untuk memberi nuansa yang lebih kontemporer.

3. Motif stagger

Motif lantai vinyl ini merupakan susunan ubin atau papan pada sisi-sisi garis tengah yang dilakukan dengan selang-seling.

Pola lantai vinyl ini juga dianggap ideal untuk variasi dua atau tiga warna sehingga nuansa ruangan akan terkesan lebih hidup.

4. Motif diagonal

motif lantai vinyl

Motif lantai vinyl diagonal dianggap sebagai motif offset yang diatur pada sudut 45 derajat, baik dengan ubin atau papan.

Meskipun sedikit variasi dari motif offset, tata letak diagonal akan menambah dimensi dan perspektif lebih dramatis bila diaplikasikan dalam sebuah ruangan.

5. Herringbone

motif lantai vinyl

Ini merupakan motif lantai vinyl yang dianggap klasik dengan bentuk menyerupai sisik ikan sehingga bila dipasang di rumah Anda dapat meningkatkan tingkat kecanggihan pada desain yang Anda pakai.

Desain ini seharusnya tidak disamakan dengan motif chevron yang memerlukan potongan lantai khusus untuk dibuat.

Untuk hasil terbaik saat memasang lantai vinyl untuk motif ini, Anda disarankan untuk memilih bentuk papan atau ubin persegi panjang.

6. Motif weave 

Motif lantai vinyl ini terkadang juga disebut dengan anyaman keranjang yang menawarkan beberapa variasi style anyaman yang sesuai dengan ubin persegi panjang sehingga dapat menciptakan efek gerakan dalam ruangan tertentu.

7. Motif koridor

Motif koridor ini merupakan variasi dari pola lantai bingkai, di mana pola bingkai tradisional akan diimbangi dengan baris-baris yang menyela.

Untuk membuatnya lebih eye-catching, Anda dapat membuat tata letak Anda sendiri dengan ubin persegi panjang, atau bahkan produk luxury vinyl plank (LVP).

8. Motif soldier

Motif ini berupa kisi atau tumpukan vertikal yang menggunakan papan atau ubin persegi panjang.

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih hidup, cobalah untuk mengubah arah ubin untuk menciptakan variasi yang menyenangkan dalam desain yang Anda inginkan.

9. Motif flemish bond

Motif lantai vinyl ini dibuat dari kotak persegi panjang dan persegi berselang-seling. Model seperti ini pun akan cocok digunakan untuk variasi satu atau dua warna.  

10. Motif quarter-turn

Motif lantai vinyl ini dianggap ideal untuk luxury vinyl tile, di mana ubin pertama akan ditempatkan di segala arah, kemudian diikuti dengan ubin yang akan ditempatkan di sampingnya sejauh 90 derajat.

Hasil pola seperti ini akan cocok, terutama untuk desain linier atau desain dengan pola unik.

11. Motif random

Motif lantai vinyl random dibuat dari susunan papan atau ubin tanpa urutan tertentu untuk desain tanpa tujuan. Tampilan ini dianggap serbaguna dan dapat digunakan untuk satu produk atau beberapa variasi warna.

Dengan mengetahui jenis motif lantai vinyl di atas, hal ini pun akan dapat membantu Anda untuk memilih pola yang cocok untuk ruangan yang akan dipasang lantai vinyl.

Anda dapat melihat koleksi produk dan motif lantai vinyl dari Balian untuk mendapatkan referensi sebelum memutuskan produk mana yang akan dipilih.

Share this post

Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *