bahan lantai vinyl

Bahan Lantai Vinyl Kuat & Terlihat Elegan, Ini 3 Rahasianya!

Lantai Vinyl akan selalu menjadi alternatif yang tepat sebagai material lantai hunian.

Karena tidak hanya akan terlihat elegan dan tidak menguras kantong, tetapi juga sangat nyaman dan memberikan kesan hangat dalam setiap ruangan.

Mari intip apa saja bahan lantai vinyl yang telah membuat material lantai itu menjadi favorit banyak orang. 

1. Dasar lantai vinyl

Bahan lantai vinyl dibuat dari polivinil klorida (PVC), dengan berbagai senyawa yang ditambahkan untuk menyesuaikan karakteristik bahan seperti warna, kelenturan, kekerasan, dan kilau.

Elemen utama pada lantai vinyl adalah lembaran vinyl sederhana yang diproduksi dengan menyalurkan vinyl ke dalam cairan untuk menciptakan campuran yang dapat disebarkan ke dalam lapisan tipis dengan proses penggulungan. 

bahan lantai vinyl

Dari sini, lapisan plastik atau plastik cair akan dikeringkan melalui proses penerapan panas dan udara yang menggabungkan bahan untuk menjadi lembaran kuat dan tahan lama.

Lembaran bahan lantai vinyl yang diproduksi dengan cara ini kemudian dipotong sesuai ukuran yang diinginkan oleh pabrikan. 

Jenis bahan lantai vinyl ini kemudian disebut dengan homogen karena bahan dan elemen dekoratifnya sama dari atas sampai ke bawah. 

Adapun, Vinyl composition tile (VCT) adalah variasi dari ubin vinyl padat (solid) dengan pengisi dan pengikat sintetis.

Bentuk ubin padat biasanya memiliki lapisan satin yang perlu penggosokan atau waxing berkala untuk menjaganya tetap terlihat baru. 

2. Sandwich constructor

Seperti yang diketahui bahan lantai vinyl pada VCT memiliki tampilan dekoratif terbatas terhadap warna blok atau pola yang tercipta melalui pengenalan zat pewarna pada tahap plastik-cair karena bersifat homogen.

Untuk memproduksi variasi desain, produsen telah beralih ke teknologi percetakan modern dan konstruksi yang berlapis dan heterogen. 

Dalam konstruksi berlapis, pembuat lantai biasanya membuat lapisan busa plastisol dengan ketebalan 25 mils (0,63 mm).

Untuk mendukung inti bahan lantai vinyl, kemudian inti itu diikat ke lapisan 25 mills bertekstur halus, terbuat dari komponen berserat yang digunakan dalam industri pembuatan kertas, batu kapur, dan tanah liat.

Nantinya, semua lapisan itu akan disatukan dengan pengikat plastik.

bahan lantai vinyl

Selanjutnya, pola dekoratif dicetak pada lapisan bahan lantai vinyl sangat tipis yang menutupi lapisan inti. Tentu saja tanpa proteksi, lapisan cetak tipis ini akan segera menghilang melalui proses abrasi normal.

Untuk mengatasinya, produsen akan menambahkan lapisan vinyl atas dengan ketebalan sekitar 10 mil (0,25mm). 

Saat kering, lapisan PVC ini kemudian disebut dengan lapisan keausan yang melindungi pola cetakan dan memberi permukaan relatif bebas perawatan sehingga tidak perlu waxing.

Karena lapisan keausan sangat penting untuk daya tahan dan tampilan bahan lantai vinyl, mengembangkan lapisan yang lebih keras dan kokoh pun menjadi prioritas. 

Sebagian bahan lantai vinyl premium juga memiliki lapisan keausan berdasarkan urethane-modified plastic untuk resistensi yang lebih besar terhadap abrasi yang pada akhirnya dapat memudarkan hasil akhir.

Untuk meningkatkan ketahanan dan ketangguhan lantai berlapis, sebagian produsen pun memberi lapisan laminasi tambahan antara lapisan inti dan penyangga.

3. The great pretender

Selain bahan lantai vinyl yang sudah disebut, terdapat teknologi yang digunakan untuk membuat lantai vinyl memiliki tekstur tahan lama dan terlihat elegan.

Bila dilihat dari sudut pandang visual, tepian lantai vinyl diproses agar terlihat seperti bahan-bahan di atas dan salah satu kuncinya adalah dengan memakai teknologi printing

Percetakan rotogravure adalah proses berputar yang menggunakan pelat pengeruk foto untuk memproduksi gambar realistis di bawah lapisan keausan lembaran komposit.

Gambar batu, ubin, dan batu bata, serta tekstur pasangan batu dan kayu, semuanya digunakan untuk menghasilkan penutup bahan lantai vinyl yang terlihat sangat realistis. 

bahan lantai vinyl

Untuk meningkatkan kesan kedalaman visual, beberapa produsen lantai vinyl menambahkan pewarna pada lapisan keausan, di mana ini adalah warna yang memiliki kedalaman lapisan sehingga tidak mudah hilang.

Secara keseluruhan, tekstur lantai dapat diberikan pada film bahan lantai vinyl dengan memanipulasi proses pengeringan.

Sedangkan mechanical embossing dapat menyempurnakan pola datar batu atau batu bata dengan kualitas tiga dimensi. 

Nah, bila Anda ingin mendapatkan produk dengan bahan lantai vinyl yang kuat, tahan lama dan terlihat elegan, Anda dapat mengintip katalog yang dimiliki oleh Balian.

Dengan menawarkan produk berkualitas, premium dan dengan harga yang bersaing, Anda pun bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda hingga akan tercipta nuansa elegan di rumah Anda.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp