lantai vinyl roll

Apa Kelebihan Lantai Vinyl Roll? Yuk, Intip 3 Kelebihannya!

Bosan dengan penataan ruangan tempat tinggal Anda? Mari coba ganti interior lantai rumah Anda menggunakan lantai vinyl.

Lantai sebagai salah satu bagian penting bagi rumah. Fungsi utamanya untuk memperindah dan menambah nilai estetik pada rumah dan juga berfungsi sebagai tempat berpijak yang aman dan nyaman.

Ada tiga jenis lantai vinyl yang tersedia di pasaran, salah satunya lantai vinyl roll. Bagi Anda yang belum familiar dengan lantai vinyl roll, informasi ini sangat tepat untuk Anda mengenal lebih jauh seputar lantai ini.

Peminat dan pemakaian lantai vinyl di Indonesia semakin bertambah. Apa yang membuat lantai ini semakin diminati?

Lantai vinyl roll adalah jenis lantai vinyl yang hadir dalam bentuk gulungan, memiliki tingkat kelenturan yang tinggi sehingga tidak menimbulkan pecah di bagian permukaan lantai.

Bentuk gulungan seperti ini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang berukuran luas. Lantai ini memiliki banyak keunggulan salah satunya dari segi kualitas, sehingga lantai vinyl roll benar-benar menjadi produk unggulan.

Material lantai vinyl berupa kombinasi dari karet dan campuran plastik sehingga berbeda dengan lantai kayu alami yang rentan terhadap rayap. Lantai vinyl jenis roll di pasaran juga murah dan terjangkau.

Lalu, apa saja yang dapat Anda ketahui tentang keunggulan lainnya pada lantai vinyl roll?

Motif-motif yang beragam

lanta vinyl roll

Lantai vinyl roll juga dikenal sebagai lantai yang mempunyai berbagai macam motif. Dari motif kayu, batuan, hingga marmer. Motif-motif tersebut dapat diaplikasikan pada semua ruang dan disesuaikan dengan keinginan Anda.

Perawatan yang mudah dan efisie

lantai vinyl roll

Merawat lantai adalah hal yang harus diperhatikan oleh pemilik rumah, agar lantai rumah menjadi awet dan tahan lama dengan berbagai jenis aktivitas.

Membersihkan lantai vinyl roll cukup mudah dan efisien, bersihkan dengan cara menyapu dan pel lantai secara rutin.

Buatlah kain pel menjadi lembab (tidak terlalu basah), saat proses mengepel lantai ini jangan tumpahkan air yang terlalu banyak.

Lalu, setiap seminggu sekali bisa dioleskan cairan konsentrat yang dapat Anda buat sendiri, gunanya untuk membuat lantai tetap mengkilap.

Cara pemasangan lantai yang sederhana dan hemat

Pemasangan lantai vinyl jenis roll ini sangat sederhana dan bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk Anda yang tidak mau memanggil tukang. Berikut cara pemasangannya.

1. Tentukan motif dari lantai vinyl

Karena beragamnya motif lantai vinyl roll, Anda harus menentukan motif apa yang sesuai dengan ruangan-ruangan di dalam rumah Anda.

2. Kosongkan ruangan dan pastikan lantai rata

Kosongkanlah ruangan Anda jika ruangan terdapat barang-barang seperti furniture, elektronik dan barang lainnya agar tidak mengganggu pengerjaan pemasangan lantai. Pastikan lantai tidak ada yang berlubang.

3. Ukur ruangan

Ukurlah luas ruangan yang akan dipasang lantai vinyl roll secara teliti. Bila tidak dilakukan, maka bisa saja Anda kekurangan material vinyl yang akan digunakan.

Beli sedikit lebih banyak untuk cadangan sebagai cadangan jika terjadi kesalahan saat pemasangan. Penting bagi Anda untuk mendapat ukuran yang akurat.

4. Oleskan lem pada permukaan lantai dan bagian bawah vinyl

Cara pasang lantai vinyl roll oleskan lem secukupnya ke permukaan lantai. Sebaiknya untuk didiamkan sebentar antara 10-15 menit agar tidak muncul gelembun dibagian bawah lantai vinyl roll.

Tempelkan segera vinyl setelah lem dibalurkan. Lakukan hal tersebut sampai ke seluruh lantai. Jangan lupa untuk menyisihkan bagian vinyl agar dapat menutup ruangan secara menyeluruh.

5. Tekan dengan menggunakan rolling pin 

Setelah satu demi satu lantai terpasang, tekanlah lantai vinyl roll menggunakan rolling pin.

Ini bertujuan agar lem bagian bawah lantai vinyl merekat kuat pada bagian permukaan lantai dan juga membantu mengeluarkan udara agar hasil akhirnya tidak kembung dan bergelombang.

Selain keunggulan-keunggulan diatas, tentu saja vinyl roll juga memiliki kelemahan tersendiri. Jenis lantai vinyl ini tidak tahan lama karena terbuat dari bahan dasar karet dan plastik.

Selain itu, motif yang ada pada jenis vinyl roll juga kurang terlihat alami. Namun, bagi Anda yang ingin tampilan rumah dengan tampilan alami dan tetap hemat budget jenis vinyl roll ini bisa Anda gunakan.

lantai vinyl roll

Tetapi, jika Anda mau mengeluarkan sedikit budget yang sedikit lebih dari vinyl roll, jenis lantai vinyl SPC seperti gambar di atas bisa jadi pilihan Anda. Lantai SPC sangat higenis, tahan lama, mudah dipasang, dan merawatnya pun sangat mudah.

Jenis lantai vinyl SPC ini pun tahan untuk pemakaian 25 tahun bahkan lebih, tidak berdenyit atau kedap suara. Jika Anda tertarik, klik disini untuk selengkapnya!

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *