Ketahui Plus Minus Keramik Motif Kayu dan Vinyl?

Semua jenis lantai memiliki kelebihan dan kekurangan yang membuat Anda mempertimbangkan memakai atau tidak lantai tersebut sebagai interior rumah.  Jika Anda pilih keramik motif kayu atau vinyl? ketahui dulu plus minusnya.

Keramik dan vinyl merupakan jenis lantai yang memiliki kekurang dan kelebihannya masih- masing. Kedua material lantai ini sama-sama awet dan tahan lama.

Keramik memiliki berbagai motif,  bentuk dan ukuran. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Lantai keramik motif kayu dan granit.

Tak berbeda jauh dengan lantai vinyl yang selalu menjadi alternatif pengganti lantai kayu.

Lantai dengan motif kayu sangat banyak digunakan sebagai interior rumah karena membuat rumah tampak lebih indah dan hangat. Jenis material lantai keramik motif kayu dan vinyl termasuk jadi langganan sebagai interior ruangan paling dicari.  

Berikut, kelebihan dan kekurangan dari lantai keramik motif kayu dan vinyl. 

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Keramik Motif Kayu

Kelebihan dan kekurangan sebuah interior sangat penting untuk Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli material lantai. 

Disini akan memaparkan dengan jelas kelebihan dan kekurangan lantai keramik motif kayu agar Anda dapat menentukan sikap dalam membeli atau tidak. 

Kelebihan Lantai Keramik Motif Kayu

Lantai keramik motif kayu juga memiliki kelebihan seperti lantai-lantai keramik pada umumnya. Berikut kelebihan lantai keramik motif kayu yang dapat Anda ketahui.

1. Tahan air

Semua jenis lantai keramik pastinya tahan terhadap air karena memiliki permukaan yang glossy termasuk lantai keramik motif kayu.

Lantai keramik memilik lapisan pelindung pada bagian atasnya, membuatnya tahan terhadap rembesan air dan mudah dibersihkan dari berbagai noda

2. Mudah dirawat

Perawatan lantai keramik motif kayu atau motif lainnya tidak rumit, cukup dengan sapu, pel, atau gunakan mesin penyedot debu untuk membersihkannya.

Jika ada noda yang sulit hilang cukup gunakan cairan pembersih tanpa takut lantai Anda rusak.

3. Memiliki desain yang variatif

Piihan lantai keramik sangat banyak, tersedia dalam berbagai model dan bentuk. Ada yang mirip sekali dengan kayu hingga granit. Lantai keramik motif kayu termasuk yang paling laris di pasaran

4. Anti allergen

Memiliki permukaan keras dan padat membuat keramik tidak meresap debu dan allergen. Permukaan yang mudah Anda bersihkan membuat lantai keramik motif kayu jauh dari iritasi yang berbahaya bagi penderita asma.

5. Kuat dan tahan lama

Permukaan yang kuat dan padat membuat lantai keramik motif kayu tidak mudah pecah. Asal melakukan pemasangan yang benar. Jika Anda rawat dengan baik lantai keramik dapat tahan bertahun-tahun.

6. Harga yang relatif murah

Lantai keramik motif kayu merupakan investasi yang menguntungkan. Harganya yang murah dan juga tahan hingga puluhan tahun.

Kekurangan Lantai Keramik Motif Kayu

Lantai keramik motif kayu juga memiliki kekurangan seperti lantai-lantai keramik pada umumnya. Berikut kekurangan lantai keramik motif kayu yang dapat Anda ketahui.

1. Permukaan lantai keras

Permukaan lantai keramik motif kayu yang keras tidak nyaman saat Anda pijak berlama-lama saat posisi bediri.

2. Permukaan lantainya dingin

Lantai keramik motif kayu akan terasa dingin pada saat pagi hari. Kurang cocok untuk daerah yang beriklim dingin. 

3. Permukaan lantai mudah licin

Permukaan keramik motif kayu yang glossy membuat lantai terlihat licin. Bahkan, jika ada tumpahan air Anda akan mudah terpeleset dan jatuh.

4. Motif lantai tidak terlihat natural

Meskipun lantai keramik motif kayu memiliki corak seperti kayu, tetapi secara visual tidak terlihat natural, dan mengurangi unsur alami pada ruangan. 

5. Pemasangan Lantai rumit

Pemasangan lantai keramik motif kayu lebih memakan waktu dan biaya.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Meskipun lantai vinyl tergolong hampir sempurna sebagai lantai motif kayu yang sangat natural.

Tetap saja masih ada kekurangannya, tak berbeda jauh dengan lantai keramik motif kayu.

Mari kita ulas kelebihan dan kekurangan lantai vinyl agar Anda tidak salah dalam memilih material lantai untuk hunian. 

Kelebihan Lantai Vinyl

Sebagai pengganti lantai kayu keramik dan ubin, lantai vinyl memiliki banyak kelebihan jika Anda bandingkan dengan jenis lantai lainnya. Berikut kelebihan lantai vinyl yang harus Anda ketahui.

1. Banyak varian warna dan motif

Lantai vinyl memanjakan Anda dengan varian motif yang beragam, seperti motif kayu dan batuan alam yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. 

lantai keramik motif kayu

2. Tahan air

Memiliki desain khusus sebagai lantai yang tahan terhadap air dengan sistem waterproof. 

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika bertempat tinggal pada daerah yang rawan banjir. 

3. Tidak memuai

Tahan terhadap sinar matahari dalam jangka waktu yang lama dan tidak membuat permukaan lantai vinyl memuai atau tahan terhadap susut dan muai.

4. Anti rayap

Lantai vinyl tahan terhadap rayap karena tidak mengadung unsur kayu sedikit pun.

5. Mudah dibersihkan

Lantai vinyl tidak perlu perawatan khusus, cukup bersihkan dengan sapu dan pel secara rutin.

6. Kuat dan tahan lama

Lantai vinyl dapat tahan 15 hingga 25 tahun kedepan bahkan lebih. 

Kekurangan Lantai Vinyl

Secara umum terdapat bebearapa kekurangan pada lantai vinyl yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda sebelum menggunakannya. Berikut kekurangan lantai vinyl yang harus Anda ketahui.

1. Rentan terhadap benda tajam

Lantai vinyl sangat rentan terhadap benda tajam. Gampang rusak jika terkena goresan benda tajam.

2. Terbuat dari bahan VOC (Volatile Organic Compounds)

Bahan VOC kurang baik untuk kesehatan. Bahan VOC tidak baik bagi sebagian kecil orang, yang menghirup kandungan VOC yang terlepas ke udara oleh vinyl.

Balian Flooring sebagai Penyempurna Lantai Vinyl

Jika saat ini kekurangan pada lantai vinyl alasan Anda ragu memilihnya sebagai interior. Sekarang Anda tidak perlu ragu lagi.

Balian flooring sebagai generasi terbaru telah menyempurnakan setiap kelebihan dan kekurangan pada lantai vinyl yang Anda inginkan. 

Balian flooring telah menambahkan banyak fitur dan manfaat bagi Anda.  

Penasaran, apa saja manfaat Balian flooring bagi Anda? 

Selain banyak pilihan warna, tahan air (waterproof), tidak memuai, anti rayap, mudah dibersihkan, tahan hingga 25 tahun. Balianflooring juga telah menabahkan beberapa kelebihan lain pada lantai vinyl dalam proses produksinya. 

Berikut beberapa manfaat tambahannya untuk Anda.

Tahan Air (Waterproof)

Balian flooring memiliki ketahanan terhadap lembab dan jamur. Semua itu karena bahannya yang tahan terhadap air dan lapisan UV pada bagian permukaannya.

Bio Armor

Adanya teknologi anti microbial membuat balian flooring bebas dari bakteri dan kuman. Anti microbial membunuh bakteri dan kuman secara aktif. Menjadikan Balian flooring lantai yang sehat Anda gunakan. 

Anti Gesekan

Balian flooring tahan terhadap gesekan benda apapun, seperti kursi dan lemari. Jadi, Anda tidak perlu takut jika ingin mengangkat dan memindahkan perabotan rumah. 

Bahan Dasar SPC

Material dasar Balian flooring terbuat dari bahan SPC (Stone Polymer Composite) yang merupakan campuran dari bahan batu dan plastik dan terbebas dari VOA. 

Sudah tahukan plus minus lantai keramik motif kayu dan vinyl?

Jika Anda masih ragu, tenang sudah ada lantai SPC yang melengkapi segala kekurangannya. 

Yakin, tidak mau mengganti lantai rumah Anda dengan lantai SPC Balian flooring

Jauh lebih murah , hemat biaya, dan tahan hingga 25 tahun kemudian. Pesan sampel gratis Anda sekarang!

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp