lantai-kayu

Lantai parket Atau Lantai Kayu? Kenali Perbedaannya!

Kenali perbedaan lantai parket dan lantai kayu sebelum Anda memilih untuk menggunakannya sebagai interior rumah. Banyak yang beranggapan bahwa lantai parket dan lantai kayu itu sama. Padahal, kedua material lantai tersebut memiliki perbedaan. Kemiripan keduanya pun membuat Anda bingung memilih material mana yang lebih baik.

Lantai parket dan lantai kayu memang sangat banyak peminatnya karena memperindah hunian. Kebanyakan orang memilih lantai kayu dan lantai parket karena memberi kesan hangat pada rumah. Motif alami kayu membuat Anda merasakan suasana alam pada setiap sudut ruang. Tapi, pada dasarnya, kedua material lantai ini ditujukan untuk menambah nilai estetika sebuah bangunan. 

Jenis lantai parket dan lantai kayu merupakan kepingan kayu yang sudah dipress sedemikian rupa sebagai lantai kongkrit interior rumah.  Sekilas mungkin tampak sama, tetapi keduanya memiliki perbedaan. Sebaiknya kenali perbedaan lantai parket dan kayu sebelum Anda memilih.

lantai parket

Apa Itu Lantai Kayu?

Lantai kayu memang sangat diminati seperti halnya lantai parket. Lantai kayu merupakan kepingan kayu yang dipress menjadi kepingan lantai kongkrit. 

Pemasangan lantai kayu sedikit lebih rumit. Lantai kayu merupakan kepingan kayu utuh yang dipasang satu sama lain menggunakan skrup.

Apa Itu Lantai Parket?

Sedikit berbeda dengan lantai kayu, lantai parket merupakan kepingan kayu yang dipress tapi memiliki profil disisi-sisinya untuk saling terkunci, dan saat diaplikasikan juga menggunakan paku tembak sebagai penguat tambahan. Terdapat dua jenis lantai parket, yaitu lantai parket solid dan parket laminate.

Apa itu lantai parket solid dan parket laminate? Berikut penjelasannya..

1. Lantai Parket Solid

Jenis parket solid mengunakan 100% kayu original. Biasanya terbuat dari material kayu jati dan jenis kayu lainnya yang lebih awet dan tahan lama. Bentuk parket ada dua jenis, yaitu parket yang menggunakan satu kayu disetiap lembarnya dan kayu yang disambung sehingga membentuk lembaran lantai utuh.

2. Lantai Parket Laminate

Jenis lantai laminate sama dengan lantai kayu solid menggunakan 100% kayu original. Parket laminate memiliki dua lapis kayu pada setiap lembarnya. Lapisan pertama adalah veneer  yang merupakan lapisan tipis pada bagian atas.  Sedangakan lapisan kedua adalah multiplaks atau playwood yang meperkuat lapisan bawah

Menskipun parket dan lantai kayu sangat estetik untuk interior rumah Anda, tetapi jenis kedua lantai ini sangat rentan terhadap air dan mudah lembab. Sebab keduanya terbuat dari kayu asli. Serat pada kayu ini dapat menyerap air yang membuatnya lembab dan memicu tumbuhnya jamur.

Hal tersebut menyebabkan Anda sulit membersihkan parket dan lantai kayu jika ada noda-noda tertentu. Selain itu parket dan lantai kayu juga mudah memuai jika cuaca panas serta mengeluarkan suara saat Anda pijak. Tentunya lantai parket tidak akan pernah tahan lama hingga 10 tahun kedepan tanpa perawatan yang benar.

Pertimbangan seperti inilah yang membuat Anda penting untuk kenali perbedaan lantai parket dan kayu.

Seindah Kayu tapi Bukan Lantai Parket?

lantai parket

Jika lantai parket membuat Anda ragu karena perawatannya yang repot dan rentan terhadap rayap. Sekarang saatnya Anda beralih kejenis lantai lain yang lebih tahan lama, mudah dipasang, hemat biaya, tanpa perawatan ekstra tapi bernilai estetik tinggi dan seindah kayu.

Mungkin Anda akan bertanya apakah ada jenis lantai yang seperti itu?

Jawabannya, tentu saja ada, yaitu lantai SPC (Stone Polymer Composite). Lantai SPC merupakan jenis lantai vinyl yang memiliki motif seindah kayu yang memberi kesan alami pada lantai rumah Anda.

Kelebihan Lantai SPC (Stone Polymer Composite)

Pemasangan lantai SPC sangat mudah. Anda tidak perlu lagi menyewa jasa tukang untuk memasangnya. Sebab lantai SPC sudah lengkap dengan teknologi interlocking. Itu berarti Anda pun bisa memasangnya sendiri. Lain cerita jika yang Anda gunakan adalah lantai parket atau lantai kayu. 

Lantai SPC terbuat dari campuran batu alam dan plastik sehingga lebih kuat dan tahan lama dari jenis lantai parket dan lantai kayu. Lantai SPC juga memiliki banyak kelebihan yang membuat suasana dalam rumah lebih nyaman.

Berikut kelebihan dari lantai SPC (Stone Polymer Composite) yang bisa Anda dapatkan.

1. Tahan Air

Terbuat dari bahan dasar polymer dengan percampuran batuan alam dan plastik menjadikan lantai SPC sangat tahan. Itu Artinya Anda tidak perlu takut lantai rumah Lembab dan tumbuh jamur. Jika Anda tinggal pada tempat yang rawan banjir, lantai SPC bisa jadi pilihan tepat untuk interior rumah.

2. UV Coating

Memiliki lapisan UV membuat lantai SPC memiliki warna yang sangat alami. Selain itu lapisan UV juga berfungsi sebagai penangkal tumbuhnya jamur. Inilah yang membuat lantai SPC 100% bebas dari jamur bahkan tetap indah meski sudah berumur puluhan tahun.

3. Bio Armor

Terdapat teknologi anti microbial yang membunuh kuman dan bakteri secara aktif. Dengan adanya anti microbial ini keluarga Anda jadi terlindungi dari penyakit akibatkan kuman dan bakteri yang biasa tumbuh pada lantai. Anda pun bebas melakukan kegiatan apapun karena lantai jadi lebih higienis.

4. Pemasangan mudah

Sistem interlocking (Kliklock) membuat aktifitas pemasangan menjadi pekerjaan ringan bagi Anda. Jika mau Anda bisa melakukan pemasangan sendiri tanpa perlu bantuan tukang. Itu artinya Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk pemasangan.

5. Tahan Puluhan Tahun

Lantai SPC jauh lebih awet dan tahan hingga 25 tahun tanpa perawatan khusus. Semua karena teknologi dan komposisi bahan dasar pembuatannya. Bayangkan dengan biaya yang tidak mahal Anda telah memilih interior yang dapat Anda nikmati hingga 15 hingga 25 tahun kedepan. 

Tentunya jenis lantai SPC dengan semua kelebihan tersebut hanya bisa Anda temukan ada Balian flooring.

jadi, tunggu apalagi pesan sampel gratis Anda sekarang juga!

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp