lantai hardwood

Ini 7 Alasan Lantai Hardwood Mudah Kusam!

Memasang lantai hardwood (kayu keras) atau menemukannya di rumah tua adalah bonus dari sebuah rumah.

Jenis lantai ini termasuk tahan lama, bernilai tinggi saat dijual kembali dan dapat meningkatkan hampir semua style dekorasi.

Namun, lantai hardwood mudah terlihat kusam bila tidak dirawat dengan cara yang benar. Lalu, mengapa lantai kayu ini mudah kusam? Berikut alasannya serta cara perawatan yang tepat.

Alasan Lantai Hardwood Terlihat Kusam

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membersihkan lantai hardwood, ada baiknya Anda tahu alasan kenapa lantai kayu di rumah Anda nampak kusam. Ini disebabkan karena:

lantai hardwood
  1. Anda mendistribusikan kotoran kembali. Menggunakan lap pel kotor atau lupa menyapu, mengepel debu atau vacuum lantai sebelum membersihkan hanya akan menyebarkan kembali kotoran tersebut.
     
  2. Cleaner melakukan hal lebih berbahaya. Sebagian wax cair berbasis akrilik yang menjanjikan hasil lantai kayu Anda bersinar, sebenarnya dapat membuatnya terlihat lebih buruk.

    Ketika produk ini diaplikasikan pada pelapis poliuretan atau paste wax, pelapisnya dapat terlihat tidak merata atau berubah menjadi milky
  3. Menggunakan terlalu banyak produk. Bahkan bila Anda telah melakukan semua hal dengan benar, menggunakan banyak produk pembersih atau air akan membuat lantai hardwood terlihat lebih buruk.
     
  4. Meninggalkan pekerjaan setengah selesai. Setelah Anda mengepel atau melakukan waxing pada lantai hardwood, pekerjaan seharusnya diselesaikan dengan buffing yang baik untuk mencegah goresan.

    Untuk mengatasinya, cukup gunakan dry microfiber mop untuk menggosok hasil akhir dan memastikan lantai berkilau.
  5. Goresan di luar kendali. Bila Anda memiliki hewan dengan kuku tajam, kemudian Anda lupa meletakan keset bersih di bagian dalam dan luar area masuk, atau seringkali memakai stiletto di dalam rumah, lantai hardwood Anda bisa terkena goresan.

    Kondisi goresan dan lecet pada lantai hardwood ini akan nampak seperti lantai yang kusam.
  6. Penumpukan wax. Alasan lain kenapa lantai hardwood terlihat kusam adalah karena terlalu banyak tumpukan wax.

    Jadi, bila lantai tidak ditutup dengan pelapis poliuretan dan mengandalkan paste wax karnauba untuk menciptakan kilau, wax dapat menumpuk dan membuat lantai terlihat kusam.

    Bahkan bila Anda menggunakan wax dengan benar hanya sekali atau dua kali dalam setahun, pada akhirnya akan menumpuk dan menjadi kusam di area dengan lalu lintas rendah.
     
  7. Lantai perlu refinishing. Tidak ada pelapis pada lantai hardwood yang dapat bertahan selamanya jika lantai dilalui oleh orang yang berjalan diatasnya.

    Lantai solid hardwood dapat di-refinish dan ditutup kembali berkali-kali. Bahkan engineered hardwood, yang memiliki lapisan lebih tipis sebagai pelapis atas dapat di-refinish dan ditutup kembali beberapa kali sebelum perlu diganti.

Bagaimana Untuk Membersihkan Lantai Hardwood Dengan Tepat agar Terlihat Bersinar?

Setelah tahu apa yang menjadi penyebab kenapa lantai hardwood nampak kusam dan kehilangan kilaunya di atas, sekarang Anda perlu tahu bagaimana untuk mengembalikan kilau lantai hardwood agar terlihat bersinar kembali. 

lantai hardwood
  1. Pertama, seka tumpahan yang terjadi di atas lantai untuk mencegah noda. Jika Anda menunda membersihkan tumpahan cairan apapun, ini hanya akan meninggalkan watermark yang akan membuat lantai hardwood terlihat bercak di sana-sini.
  2. Hilangkan kotoran tiap hari. Sapu kemudian lakukan vacuum atau pel lantai tiap hari untuk menghilangkan kotoran yang dapat menyebabkan goresan dan keausan pada permukaan lantai.

    Jangan lupa juga untuk memeriksa bagian bawah karpet karena dapat menjebak pasir yang akan menggores lantai.
  3. Pel dengan kain basah ketika musim berubah. Kecuali bila Anda mengabaikan lantai selama berminggu-minggu dan memiliki lumpur dan kotoran yang lengket di mana-mana, Anda tidak perlu mengepel basah lebih dari empat kali dalam setahun.

    Dengan menggunakan kain pel mikrofiber yang lembap, bersihkan searah serat kayu. Jangan pernah menggunakan kain pel yang basah kuyup karena terlalu banyak air dapat menyebabkan lantai yang tersegel dapat melengkung.

    Bila Anda merasa harus menggunakan pembersih komersial, pilih yang memiliki aplikator semprot untuk membersihkannya. Gunakan hanya sedikit saja agar lantai tidak terlalu basah.
  4. Keringkan. Setelah membersihkan lantai hardwood seperti di atas, biarkan mengering dengan sempurna untuk mencegah goresan. 
lantai hardwood

Namun, jika Anda merasa perawatan lantai hardwood sulit maka Anda bisa memilih jenis lantai lainnya dengan daya tahan yang lebih lama.

Lantai vinyl bisa jadi pilihan tepat jika anda menginginkan motif kayu namun dengan perawatan yang lebih simpel. Selain itu, lantai vinyl juga memiliki bahan anti bakteri yang bisa menjaga kesehatan anda serta keluarga.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *