membersihkan lantai spc

8 Tips Cara Membersihkan Lantai SPC Simpel Tanpa Repot

Membersihkan lantai SPC dengan benar tidak hanya membuat lantai terlihat ‘kinclong’, tetapi juga membuatnya lebih tahan lama.

Bahkan, lantai SPC dapat bertahan mencapai 20 tahun lebih jika dirawat dengan benar. Nah, jika Anda memasang lantai SPC di rumah dan ingin memperpanjang usia lantai, berikut cara membersihkan lantai SPC yang efektif.

1. Sering-seringlah disapu

Ini mungkin terdengar klise, tetapi membersihkan lantai SPC dengan cara ini bisa sangat membantu lantai tetap dalam kondisi terbaik.

Anda dapat menyapu lantai dengan memakai sapu biasa, atau menggunakan brushless vacuum dan sapu elektrik.

Satu alat khusus yang harus Anda hindari saat menyapu lantai SPC adalah beater bar dari vacuum karena cenderung merusak lapisan lantai. 

2. Sesekali dipel

Terkadang, menyapu saja tidak cukup untuk membersihkan lantai SPC. Untuk menjaga agar lantai tetap bersih dan bebas noda, Anda juga perlu mengepel secara menyeluruh dengan larutan ber-pH lembut atau netral untuk menghilangkan noda.

Jangan mengambil resiko menggunakan pembersih multi-surface, pemutih, detergen, atau agen pembersih dengan tingkat abrasif tinggi seperti pelarut organik, deterjen berbahan dasar amonia atau alkohol untuk mengepel lantai SPC karena dapat membuatnya cepat rusak.

3. Segera bersihkan tumpahan yang terjadi

Segera bersihkan tumpahan cairan secara instan hanya dengan memakai kain basah. Semakin lama tumpahan dibiarkan di atas permukaan lantai, hal ini dapat meninggalkan noda permanen.

Untuk melakukannya, gunakan kain berwarna putih basah untuk menyeka tumpahan lalu bilas dengan air. Pastikan untuk mengelap area tersebut hingga bersih dan kering.

membersihkan lantai spc

Untuk menghilangkan noda seperti jus, anggur merah, makanan, atau minyak, Anda dapat gunakan agen pembersih lantai SPC yang direkomendasikan pemasok lantai SPC.

Sementara untuk mengatasi noda spidol, cat, dan lipstik, Anda dapat menggunakan alkohol isopropil atau mineral spirit.

Sementara itu, untuk membersihkan lantai SPC karena krayon, lilin dan permen karet, Anda dapat menggunakan es untuk mengikis noda sedikit demi sedikit sebelum mengikisnya dengan lembut memakai pengikis plastik.

4. Say ‘No’ untuk steam cleaning

Steam cleaning memang dapat membersihkan lantai spc, mensterilkan dan mengeringkan lantai dengan cepat, tanpa pembersih kimia.

Namun uap panas dianggap lebih bisa merusak lantai SPC hingga menyebabkan lantai tidak dapat diperbaiki. Kenapa itu terjadi? Hal ini disebabkan karena uap panas yang dihasilkan dapat mencapai lebih dari 90 derajat celcius untuk membunuh kuman dan bakteri.

Panas yang berlebihan, bersama dengan kelembaban akan merembes pada sambungan dan tepi lantai SPC sehingga dapat melemahkan ikatan perekat dan lapisan struktur papan atau ubin. 

5. Meminimalisir adanya kotoran

Berinvestasilah pada keset yang bagus, non-strain atau non-rubber di depan pintu masuk untuk mencegah pasir, tanah atau kotoran terbawa ke dalam rumah.

Anda tentu tidak mau melihat lantai tergores hanya karena sepatu berpasir tiba-tiba masuk rumah, bukan?

6. Kurangi abrasi

membersihkan lantai spc

Bila memungkinkan untuk membersihkan lantai spc lebih mudah lepas sepatu saat menginjak lantai SPC.

Karena ini dapat mengurangi kemungkinan lantai tergores yang disebabkan oleh batu dan pasir yang terbawa ketika Anda mengenakan sepatu di dalam rumah.

Anda juga disarankan melindungi lantai SPC dengan triplek atau panel kayu saat memindahkan perabotan untuk mencegah abrasi, goresan atau lecet-lecet. 

7. Pilihlah pelindung lantai yang sesuai

Cara untuk merawat dan membersihkan lantai SPC adalah dengan memilih pelindung yang tepat, terutama material yang digunakan untuk pelindung.

Sebagian rubber mat atau pelindungnya mengandung senyawa antioksidan agar bisa bertahan lama tanpa menjadi rapuh.

Hanya saja, senyawa antioksidan ini akan membentuk reaksi kimia ketika bersentuhan dengan lantai SPC dan hasilnya berupa noda berwarna kekuningan.

8. Gunakan larutan cuka yang diencerkan

membersihkan lantai spc

Cara membersihkan lantai SPC selanjutnya adalah dengan menggunakan larutan cuka yang diencerkan. Sebagian orang berpikir bila cuka dianggap terlalu asam dan dapat merusak lapisan pelindung lantai SPC.

Faktanya, cuka tidak berbahaya dan justru dapat menjadi cara alami yang efektif untuk menjaga lantai tetap bersih.

Membersihkan lantai SPC dengan larutan cuka yang diencerkan juga menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan bau tidak sedap yang terjebak pada permukaan lantai.

Dengan mengetahui cara membersihkan lantai SPC di atas, kini Anda tidak perlu lagi risau memikirkan bagaimana cara mendapatkan lantai SPC yang tetap bersih dan terawat dengan baik.

Bila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk lantai SPC, Anda bisa mendapatkannya di Balian.

Balian merupakan penyedia material lantai berpengalaman yang siap membantu Anda mewujudkan hunian dengan flooring yang memukau.

Share this post

Comments (2)

  • CHANDRA Reply

    Kak. Permisi tanya, apakah lantai spc aman jiga mengepel menggunakan superpell / soklin lantai ? ( tentunya dengan komposisi pemakaian sesuai aturan pakai kak)
    Yg kedua, bolehkan kita menggunakan Tineco brush mop ?
    Sekian dan terima kasih

    31/03/2023 at 5:50 PM
    • balian Reply

      Halo Kak Chandra, untuk penggunakan sabun cuci tersebut aman di lantai SPC ya, termasuk pemakaian Brush Mop untuk mengepel Lantai SPC juga tidak ada masalah.

      22/08/2023 at 4:25 PM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *