Gaya hidup sehat

Rawan Penyakit Saat Musim Hujan, Ini Gaya Hidup Sehat Agar Tidak Jatuh Sakit!

Musim hujan selalu identik dengan berbagai macam penyakit, misalnya pilek, flu dan demam. Menerapkan healthy lifestyle atau gaya hidup sehat sangat diperlukan karena dapat membuat kekebalan tubuh meningkat dan Anda akan terhindar dari penyakit.

Sebenarnya, ada beberapa healthy lifestyle sederhana yang dapat Anda dan keluarga Anda lakukan. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

1. Jangan sentuh wajah Anda

Langkah pertama untuk menerapkan gaya hidup sehat adalah mengurangi kebiasaan menyentuh wajah. Sering menyentuh wajah adalah salah satu kebiasaan buruk. Perlu Anda tahu bila virus flu biasanya masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung dan mulut.

Ini artinya, bagian wajah tidak boleh disentuh tangan karena tangan Anda tidak higienis dan dikhawatirkan dapat memindahkan kuman, bakteri atau virus berbahaya.

Untuk itu, tahan keinginan Anda untuk menggaruk mata atau menyeka dahi ketika berkeringat. Sebagai gantinya, gunakan sapu tangan atau tisu untuk mengelap wajah.

2. Lindungi diri Anda dari air kotor

Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat yang kedua yang bisa Anda lakukan adalah melindungi diri dari air yang kotor. Talang yang tersumbat dan genangan air sangat umum terjadi ketika musim hujan.

Sayangnya, kondisi tersebut dapat menjadi sumber penyakit yang terbawa air seperti diare, influenza, kolera dan infeksi kulit jamur.

Menutupi anggota tubuh Anda adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari penyakit tersebut, sambil terus mempertahankan kehidupan aktif Anda. 

Untuk pengaplikasiannya, saat hari masih hujan dan Anda harus berangkat ke kantor, tidak masalah bila Anda menggunakan sandal atau sepatu bot. Ini lebih baik dibandingkan dengan sepatu tertutup karena dengan memakai sandal, kaki akan cepat kering bila basah akibat air hujan.

Dengan catatan, Anda telah mencuci kaki terlebih dulu sebelum menggantinya dengan sepatu ketika sudah sampai di kantor.  

3. Minum teh herbal

Konsumsi teh herbal bisa menjadi gaya hidup sehat, karena teh herbal memiliki sifat menyembuhkan untuk masalah kesehatan seperti batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Ini adalah jenis penyakit yang sangat umum dijumpai saat musim hujan tiba.

Supaya bisa lebih berkhasiat untuk tubuh, Anda dapat menambahkan bahan yang dapat membantu menghangatkan tubuh seperti cengkih, jahe, lada, mint atau kemangi.

4. Jadikan minyak kayu putih sebagai sahabat terbaik Anda

Aroma minyak kayu putih dapat membantu Anda bernapas lebih lega dan membantu melemaskan seluruh tubuh. Dengan demikian, Anda bisa memiliki gaya hidup sehat dengan lebih mudah.

Zat yang terkandung di dalamnya sangat baik dan cocok Anda jadikan sahabat saat musim hujan.

Karena dapat membantu mengatasi hidung tersumbat karena flu. Tubuh pun menjadi lebih maksimal untuk melawan penyakit yang lazim saat musim hujan. 

Ada beberapa cara menikmati aroma minyak kayu putih yang pertama, Anda dapat melarutkannya ke dalam air dan menggunakannya untuk steam pada wajah. 

Selain itu, Anda juga dapat menuangkan beberapa tetes minyak kayu putih pada sapu tangan dan bawa kemanapun Anda pergi. Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengoleskannya pada leher dan kepala.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Bersihkan Perlengkapan Rumah

5. Jaga kebersihan kuku Anda

Gay hidup sehat

Gaya hidup sehat selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan kuku. Membiarkan kuku panjang dan kotor adalah kebiasaan buruk. Bahkan bila Anda tidak terbiasa merawat kuku, Anda harus melakukannya saat musim hujan, walau bagaimanapun kesibukan Anda.

Potong kuku Anda secara teratur dan cuci bagian bawah kuku sehingga kuman dan bakteri tidak menumpuk di sana.

6. Lindungi diri Anda dari alergen

Alergi dapat menjadi semakin parah ketika musim hujan tiba. Jadi bila Anda tahu Anda bereaksi buruk dengan debu, uap atau polusi, Anda harus memakai masker ketika pergi keluar.

Gaya hidup sehat

Selalu bawa obat anti alergi yang diresepkan oleh dokter juga menjadi gaya hidup sehat, karena siapa tahu Anda membutuhkannya ketika sedang beraktivitas di luar.

7. Jangan jarak dengan orang sakit

Gaya hidup sehat lainnya adalah menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit. Tidak sedikit orang yang terjangkit flu selama musim hujan, maka Anda harus ekstra waspada.

Saat bepergian, pastikan Anda untuk menjaga jarak dari orang yang terlihat sakit sehingga partikel pernapasan dari mereka tidak akan masuk sistem pernapasan Anda.

8. Say no untuk sepatu basah

Gaya hidup sehat

Hampir tidak mungkin untuk pergi bekerja atau kembali dari tempat kerja dengan sepatu bersih dan kering saat musim hujan.

Jika sepatu Anda berlumuran lumpur atau basah kuyup, bersihkan secara menyeluruh dan biarkan benar-benar kering sebelum memakainya lagi.

Jika tidak, patogen akan tumbuh di dalamnya. Juga, pastikan Anda memiliki sepatu kering atau Anda dapat memilih sepatu karet khusus untuk beraktivitas saat musim hujan sehingga bisa menjaga gaya hidup sehat.

Menerapkan gaya hidup sehat saat musim hujan seperti poin di atas dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit, terutama saat musim pandemi.

Selain cara-cara yang sudah dijelaskan, Anda juga bisa memilih menggunakan perabotan rumah yang menunjang kesehatan seperti pemilihan lantai. Lantai Vinyl dari Balian Flooring bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda memiliki rencana untuk mengganti lantai rumah Anda.

Balian Flooring telah dilengkapi fitur Bio Armor yang dapat membunuh bakteri di atas permukaan lantai hingga 99%. Jadi secara tidak langsung Balian Flooring ikut menjaga kesehatan keluarga Anda dari ancaman penyakit yang disebabkan karena bakteri.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang Balian Flooring, Anda bisa klik di sini.

Baca juga: 5 Fakta Unik Kelebihan Lantai Vinyl yang Sangat Menguntungkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *