memilih lantai vinyl

Mau Memilih Lantai Vinyl? Pastikan 5 Hal Wajib ini!

Sebelum memilih lantai vinyl terbaik yang akan dipasang untuk hunian, sudah selayaknya Anda tahu tentang berbagai fakta lantai vinyl dan kriteria produk yang akan dibeli.

Dengan begitu, Anda tidak akan salah produk karena lantai vinyl memiliki berbagai jenis, bentuk, pola, tekstur, dan warna.

Agar tidak salah pilih, yuk cari tahu sama-sama beberapa hal penting sebelum memilih lantai vinyl terbaik untuk hunian.

1. Ketebalan

memilih lantai vinyl

Dalam memilih lantai vinyl terbaik yang patut diperhatikan pertama adalah ketebalan.

Anda memerlukan lapisan keausan (wear layer) yang tebal karena akan menjadi lapisan yang menentukan seberapa baik lantai akan bertahan terhadap trafik, terkelupas, dan sobekan.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas, ada baiknya Anda ungkapkan lifestyle Anda pada pemasok lantai vinyl agar diberi rekomendasi produk yang tepat.

2. Kualitas

Sebelum memilih lantai vinyl terbaik untuk hunian, pertimbangkanlah mengenai poin kualitas produk. Pilihlah lantai yang tepat untuk ruangan tersebut.

Walaupun hampir semua jenis lantai vinyl cocok untuk semua ruangan, namun lantai vinyl sendiri juga punya beberapa tipe yang masing-masing dapat ditempatkan untuk area yang tepat.

memilih lantai vinyl

Penting untuk diingat bahwa kinerja lantai juga perlu dipertimbangkan. Sangat penting untuk diketahui bahwa produk premium cenderung memiliki garansi premium.

Sedangkan garansi produk yang baik bisa menjadi pereda stres yang hemat di kemudian hari.

3. Seams (Jahitan)

Memilih lantai vinyl terbaik dan alm bentuk sheet atau vinyl lembaran umumnya diproduksi dengan lebar 6 – 12 inch. Tergantung pada konstruksi ruangan yang akan diinstal lantai vinyl, seaming atau jahitan bisa jadi diperlukan.

Biasanya, hanya profesional saja yang tahu di mana jahitan kemungkinan akan ditempatkan saat lantai dipasang. 

memilih lantai vinyl

Pola lantai tertentu dapat menyembunyikan jahitan dengan lebih baik. Contohnya, pola tile dengan garis tertentu menutupi jahitan dengan lebih indah.

Disebuah ruangan dengan penggunaan air yang banyak, seperti kamar mandi dan tempat laundry, Anda akan perlu sesekali mengganti dempul tebal di mana lantai bertemu dengan dinding atau toilet.

Ini dilakukan untuk mencegah rembesan air di bawah lantai.

4. Harga

Hal lain yang wajib dipastikan sebelum memilih lantai vinyl terbaik adalah tentang poin harga.

Tentu saja ini akan berkaitan dengan budget yang Anda punya dan diperlukan untuk membeli dan ongkos memasang lantai vinyl.

Biaya per meter persegi hanyalah salah satu komponen dari harga keseluruhan untuk lantai vinyl baru. 

memilih lantai vinyl

Karena pemasangan lantai vinyl akan dilakukan oleh profesional, ada baiknya Anda tanyakan terlebih dulu biayanya pada pemasok lantai vinyl yang Anda pilih.

Ini adalah tentang biaya total proyek pemasangan lantai. Beberapa poin berikut bisa saja termasuk, namun di luar harga vinyl itu sendiri. 

  • Pelepasan atau pemindahan perabotan. Bisa saja pemasang lantai menuntut biaya untuk memindahkan perabotan dalam ruangan tersebut.
  • Pembongkaran atau pembuangan penutup lantai lama. Kecuali rumah Anda baru, mungkin ada penutup lantai lama yang perlu dilepas dan dibuang dengan benar.
  • Persiapan sub-floor. Tergantung pada kondisinya (setelah pelepasan penutup lantai lama), sub-floor mungkin perlu disiapkan untuk pemasangan lantai vinyl.
  • Pengiriman barang. 
  • Instalasi lantai vinyl.

5. Garansi

Pemasok flooring yang berbeda tentu akan menawarkan opsi garansi yang berbeda pula.

Oleh karena itu, pastikan sebelum memilih lantai vinyl terbaik Anda menanyakan dulu pada pemasok lantai vinyl apakah mereka menawarkan garansi.

Jika iya, berapa tahun? Dengan begitu Anda tidak perlu merasa khawatir jika sesuatu terjadi selama masa garansi masih berlaku.

memilih lantai vinyl

Nah, jika Anda ingin mendapatkan ketebalan, seams, kualitas premium, harga dan garansi terbaik, Anda dapat mengandalkan Balian Flooring.

2 Pemasok lantai vinyl ini akan senang hati membantu Anda memilihkan jenis lantai yang tepat untuk masing-masing ruangan.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp