jenis lantai

Tips Menyesuaikan Jenis Lantai di 5 Ruangan dalam Rumah

Menyesuaikan jenis lantai rumah yang diaplikasikan di sebuah ruangan dapat menjadi salah satu pekerjaan menantang. Karena setiap ruangan memiliki fungsi,  suasana, dan perawatan yang berbeda.

Tidak mengherankan jika lantai rumah menjadi salah satu investasi mahal jangka panjang ketika mendekorasi interior rumah. Berikut tips untuk menyesuaikan jenis lantai dengan ruangan:

Pertimbangkan Skema Warna

Sebelum berbicara tentang jenis lantai yang akan diaplikasikan, pertama-tama Anda perlu mempertimbangkan tentang skema warna yang akan digunakan.

Desain interior yang bagus mencakup skema warna untuk seluruh rumah. Variasi dalam pilihan warna akan tergantung pada area ruangan dan jumlah tingkat di sebuah rumah. 

Dimulai dengan serambi depan, pilih jenis tile, wood, stone, slate atau mozaik, di mana ini menandai pintu masuk ‘Selamat Datang’ ke rumah Anda.

Warna yang dipilih pun harus menyatu dari titik ini ke titik bagian dalam. Jika rumah Anda kecil, memilih warna dan jenis lantai rumah dengan tipe sama di seluruh ruang tamu utama secara visual dapat memperluas kesan ruang tamu yang lebih lapang. 

Area Ruang Tamu

jenis lantai

Setelah bagian lantai depan serambi terselesaikan, sekarang dapat dilanjut dengan area ruang tamu. Sebagai rekomendasi, lantai ruang tamu dapat berupa sculpted carpet, wood, bambu, laminasi, tile atau stone.

Kuncinya adalah dengan mencocokan warna lantai dengan pintu masuk sehingga akan tampak mengalir secara serasi. Pencocokan jenis lantai yang persis pun tidak diperlukan selama coraknya dapat berbaur. 

Untuk menghindari kesan monoton di ruangan yang lapang, pertimbangkan karpet sisipan yang dikelilingi oleh hardwood atau area karpet berwarna-warni.

Ruang makan dengan hard flooring pun dianggap menampilkan kesan praktis, dengan tile atau stone sebagai pilihan terbaik.

Karena dapat menyamarkan goresan kayu dengan pergerakan kursi, noda karpet dari makanan dan cairan yang jatuh tanpa sengaja ke jenis lantai. 

Area Keluarga

jenis lantai

Lantai ruang keluarga, terutama jika mengalir ke dapur seharusnya melanjutkan tema warna dan memanfaatkan kesamaan dengan lantai dapur.

Jika Anda memilih karpet, pilih hasil akhir pahatan dengan warna lebih gelap untuk menghindari noda dan bekas alas kaki. Wood, tile dan stone pun menjadi pilihan terbaik untuk area lalu lintas tinggi.

Lantai dapur pun dapat diaplikasikan tile, slate, cork, atau stone yang sekali lagi harus tetap dalam skema warna ruangan yang mengarah ke dalamnya.

Hindari jenis lantai kayu dan laminasi jika sesekali terjadi luapan air atau lekukan.

Kamar Tidur 

jenis lantai

Di sini kamu bisa lebih kreatif dalam hal flooring. Kamar tidur untuk anak seharusnya memiliki lantai dengan permukaan keras karena tumpahan dan noda seringkali berkaitan dengan anak-anak dan remaja.

Jenis lantai laminasi dianggap lebih murah dibandingkan dengan kayu dan tahan terhadap keausan. 

Bila kamar tidur keluarga jauh dari area ruang tamu utama, warnanya dapat memengaruhi dekorasi ruangan selama tidak berbenturan dengan lantai lorong.

Untuk itu, pilihlah warna netral pada bagian lorong, di mana lebih disukai dari kayu, laminasi, atau tile. Selain itu, kamu juga dianjurkan memilih jenis lantai kamar tidur yang melebar.

Kamar Tidur Utama

jenis lantai

Kamar tidur utama, terutama bila terhubung dengan kamar mandi dalam juga harus terkoordinasi. Pilihlah jenis karpet mewah, wood, tile, atau laminasi.

Permadani pada sisi kamar tidur dapat memberi area berjalan yang hangat bila kamu memilih lantai dengan permukaan keras. Padukan warna dengan jenis lantai yang kamu pilih untuk kamar mandi.

Menempatkan karpet oriental tiruan dengan alas karet di kamar mandi dapat menciptakan kesan elegan.

Dapur dan Kamar Mandi

jenis lantai

Memilih jenis lantai rumah yang cocok untuk area dapur dan kamar mandi tidak hanya akan memperpanjang usia lantai, namun juga membuat kamu nyaman saat menapakan kaki.

Tidak bisa dipungkiri bila area dapur termasuk area yang berisiko mudah basah, tergores, mudah kotor dan rentan terkena tumpahan sehingga perlu pemilihan jenis lantai yang tepat.

Ini artinya area dapur perlu lantai dengan permukaan keras. 

Sebagai solusi, Anda dapat memilih lantai vinyl. Jenis lantai sheet vinyl ini cukup populer digunakan di area dapur dan kamar mandi.

Karena harganya terjangkau untuk mengcover area dengan trafik tinggi, mudah dipasang, tahan lama, tidak mudah tergores, serta resisten terhadap kelembaban.

Bila sekarang ini kamu masih memilah-milah tentang jenis lantai rumah yang akan dipasang, Balian Flooring memiliki koleksi lantai yang lengkap untuk dipilih.

Dengan kualitas premium, anti kuman, dan tahan lama, pemasangan lantai Balian Flooring pun dapat menambah estetika hunian kamu.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp