jenis lantai vinyl

3 Jenis Lantai Vinyl yang Populer di Indonesia

Apakah Anda sedang mencari lantai yang pas untuk hunian atau tempat bisnis Anda?

Jenis lantai keramik, kayu, granit, sepertinya sudah biasa, mau yang berbeda?

Coba jenis lantai vinyl saja! Lantai vinyl ini adalah pelapis lantai sintetis terbuat dari campuran stone salt, kapur, dan batu gamping.

Desain lantai vinyl dapat tampil dengan banyak warna dan corak. Lantai jenis ini diproduksi dalam bentuk kotak seperti keramik, dan menyerupai lembaran atau papan kayu.

Namun, dengan tekstur permukaan yang lebih halus. Selain itu, bentuk, ukuran serta jenis lantai vinyl cukup fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan luas dan bentuk ruangan itu sendiri. 

Cara pasang lantai vinyl pun juga mudah untuk dilakukan sendiri. Dengan harga yang ekonomis lantai vinyl bisa menjadi alternatif Jika Anda jenuh dengan interior rumah atau tempat bisnis yang itu-itu saja.

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, lantai vinyl dilengkapi sistem anti air, bakteri dan bahkan tahan api.

Tentu saja ini dapat menjadi faktor penting bagi pemilik hunian dan bisnis untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Agar bisa mengenal lebih jauh tentang lantai vinyl, mari kita simak dibawah ini, jenis-jenis lantai vinyl yang sering dicari :

Vinyl – Plank

jenis lantai vinyl

Vinyl plank adalah jenis lantai vinyl yang paling sering dicari dan laku di pasaran. Jenis lantai vinyl ini sangat cocok untuk interior rumah yang bernuansa etnik atau nuansa alam.

Tersedia dalam bentuk lembaran atau persegi panjang dengan masing-masing tingkat ketebalan. Berkisar mulai dari 2 mm sampai dengan 3 mm dan berbahan dasar polyvinyl carbonated (PVC).

Masing-masing merek dari lantai vinyl plank menyediakan dua jenis permukaan, yaitu embossed dan non-embossed.

Permukaan embossed adalah jenis permukaan vinyl yang bertekstur seperti serat kayu sungguhan yang menjaga lantai vinyl agar tidak licin.

Permukaan non embossed adalah jenis permukaan vinyl yang halus dan licin yang memudahkan saat lantai vinyl dibersihkan.

Tetapi, sekarang semakin banyaknya inovasi. Peran lantai vinyl PVC telah tergantikan oleh vinyl berbahan SPC (Stone Polymer Composite).

Dengan tampilan yang lebih realistik, kokoh, dan tahan lama menjadikannya pilihan banyak penghuni rumah, bahkan gedung perkantoran, hotel, dan restoran sekalipun. Cek disini untuk selengkapnya.

Dengan bentuk persegi panjang vinyl ini memiliki lebar antara 10-20 cm dan panjang kisaran 90-100 cm ini merupakan ciri dari vinyl plank.

Bentuk dan pemasangannya menyerupai lantai kayu asli. Lantai vinyl plank ini merupakan salah satu yang dibuat dari potongan-potongan kayu kecil. Menggunakan jenis kayu dari bahan jati, ulin, merbabu, dan lain-lain. 

Vinyl – Tile

jenis lantai vinyl

Mungkin Anda masih bingung dengan pemilihan lantai untuk kamar tidur. Mempunyai kecenderungan ingin memakai keramik namun tidak suka dengan lantai tersebut.

Karena memiliki tekstur yang keras dan dingin di kaki ketika di pijak. Anda tidak perlu cemas lagi apabila Anda ingin tetap menginginkan lantai yang menyerupai keramik.

Mengaplikasikan jenis lantai vinyl tile yang sangat mirip dengan tampilan keramik bisa Anda coba lho.

Vinyl tile tersedia dalam bentuk persegi empat dan memiliki panjang dan lebar yang sama antara 30 cm sampai dengan 50 cm. Jenis lantai vinyl tile memiliki banyak pilihan motif dan warna.

Ketebalan vinyl ini berkisar antara 1,5 mm sampai dengan 3 mm. Karena pilihan warnanya yang sangat bervariasi, terkadang pemasangan dilakukan secara random.

Menggunakan beberapa pilihan warna untuk menampilkan motif mozaik, terkadang vinyl dipasang secara horizontal atau vertikal. Untuk menambah kerumitan pada motif kayu yang dihasilkan.

Pemasangan penutup lantai ini hanya menggunakan lem/perekat khusus. Membuat sambungan antara satu persegi vinyl lantai dengan yang lain dan nyaris tidak kelihatan.

Memperindah ruangan dan juga memberi kesan hangat.

Vinyl – Roll

jenis lantai vinyl

Menggunakan bahan PVC vinyl roll pun mempunyai lebar 2 meter. Sedangkan panjangnya kisaran 25 meter yang cocok dipasang di ruangan rumah Anda.

Jenis lantai vinyl ini tidak berbulu, hanya saja memiliki corak atau motif yang bisa membuat Anda tergoda untuk melakukan pemasangan.

Bahkan, tanpa mengeluarkan budget yang besar. Sebab harga vinyl lantai ini sangat terjangkau.

Vinyl roll tersedia dalam bentuk gulungan seperti karpet, ketebalannya berkisar antara 0,5 mm sampai dengan 2,2 mm. Vinyl roll memiliki tingkat kelenturan yang sangat tinggi.

Hal ini menyebabkan jenis lantai vinyl ini dapat digulung dengan baik tanpa pecah sama sekali pada bagian permukaannya.

Pemasangan memang lebih sulit daripada pemasangan vinyl plank atau vinyl roll. Akan tetapi karena ukurannya yang sangat lebar yaitu 2 m x 25 m, jadi hasil pemasangannya akan terlihat rapi karena hanya memiliki sedikit sambungan.

Nah, ternyata jenis lantai vinyl pun bermacam-macam ya! Setelah membaca artikel diatas kira-kira jenis lantai vinyl apa yang sesuai dengan kebutuhan pada ruangan Anda? Pastikan pula kualitas dari material lantai tersebut.

Balian Flooring adalah lantai vinyl dengan kualitas terbaik yang terpercaya dan pilihan tepat untuk Anda. Klik disini untuk informasi lebih lanjut. Selamat mencoba!

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp