jenis lantai rumah

Kenali 5 Jenis Lantai Rumah Terbaik yang Cocok Untuk Rumah

Banyak pilihan jenis lantai rumah yang membuat Anda mungkin bingung dan ragu untuk akhirnya memilih kepada satu pilihan.

Selain lantai mempengaruhi kesan penampilan yang akan terciptakan dalam sebuah ruang, ada 3 hal yang harus diperhatikan saat memilih lantai.

Hal pertama adalah jenis, kedua adalah motif, dan ketiga merupakan manfaat bagi tempat tinggal Anda. Ada baiknya, jenis lantai rumah dipilih sesuai dengan situasi atau kondisi bangunan rumah Anda.  

Berikut, beberapa pilihan jenis lantai rumah populer di masyarakat yang dapat jadi pertimbangan untuk lantai tempat tinggal Anda.

Keramik

jenis lantai rumah

Keramik adalah material yang kuat, tahan lama serta memiliki banyak varian desain dan warna. Selain itu, pemeliharaannya pun cenderung sangat mudah.

Anda hanya perlu mengganti satuan keramik yang retak atau pecah apabila diperlukan. Ketidaksempurnaan dalam penggantian akan tidak kasat mata jika dilihat sekilas.

Karena keunggulannya, keramik sangat cocok digunakan untuk area yang sering dilalui pengguna dan yang membutuhkan ketahanan terhadap kelembaban. Seperti kamar mandi, ruang cuci pakaian, dan dapur.

Marmer

jenis lantai rumah

Disebut juga dengan marble, jenis lantai rumah yang berasal dari bongkahan batu pualam ini siap memberikan kesan mewah pada setiap ruangan rumah Anda lho.

Terkenal dengan keawetannya, lantai marmer sering juga digunakan sebagai pelapis dinding rumah yang memiliki karakteristik warna natural, mengkilap dan dapat menyerap cairan dengan cepat.

Sayangnya, kekurangan dari lantai marmer adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan jenis lantai rumah lainnya. Jadi, Anda pelu pikir-pikir lagi menggunakan marmer kalau ingin menghemat budged yaa.

Beton

jenis lantai rumah

Tren lantai acian atau beton mulai muncul untuk menciptakan kesan raw dan industrial, serta juga dapat menghemat pengeluaran Anda untuk pemilihan jenis lantai rumah ini.

Apabila dipadukan dengan desain modern, maka lantai acian poles pun dapat memberikan kesan elegan. Pastikan penggunaan lapisan aci yang halus untuk menghindarkan debu menempel pada beton aci.

Kekurangan dari jenis lantai rumah satu ini adalah mudah lembab dan berlumut. Yang dapat memicu tumbunya dan berkembang bakteri di lantai.

Kayu

jenis lantai rumah

Jenis lantai rumah lainnya adalah lantai kayu. Lantai kayu memiliki kesan alami serta kemampuan untuk memberikan kehangatan di dalam ruang.

Jenis lantai ini ada dua, yakni parket dan laminating. Parket yang dikenal secara umum adalah generasi lantai kayu pengganti lantai papan untuk rumah panggung.

Meliputi parket yang terbuat dari kayu solid dan parket yang terbuat dari kayu asli dengan teknologi layer. Sementara itu, kayu laminating adalah kayu olahan dengan permukaan hasil printing.

Vinyl

jenis lantai rumah

Sering dibandingkan dengan lantai kayu, lantai vinyl ini merupakan pelapis lantai sintetis berbahan dasar Polyvinyl Chloride (PVC) yang elastis dan mempunyai permukaan yang halus.

Tapi semakin banyaknya inovasi, kini lantai vinyl PVC telah tergantikan oleh vinyl jenis SPC (Stone Polymer Composite) yang lebih tahan dan kokoh. Cek disini untuk lebih lanjut.

Dilihat sekilas, lantai vinyl ini sangat mirip dengan lantai kayu. Kesan kayu pada hunian memberi nuansa hangat dan nyaman pada setiap ruangan.

Dipasaran lantai vinyl mempunyai 3 jenis, yaitu; vinyl plank, vinyl roll dan vinyl tile. Jenis lantai vinyl kayu dapat disesuaikan dengan kebutuhan hunian Anda. 

Baca juga: Jenis-Jenis Lantai Vinyl

Perawatan lantai vinyl tidak memerlukan waktu banyak dan hemat. Bersihkanlah lantai vinyl secara rutin untuk menyapu dan pel lantai.

Seperti kabar baik juga untuk Anda yang mempunyai anak-anak, jenis lantai rumah ini sangat disarankan karena mempunyai sistem anti microbal  atau anti bakteri aman dan sehat, jika anak beraktivitas di atas lantai.

Harga terjangkau menjadikan lantai vinyl jenis lantai rumah favorit pilihan masyarakat.

Pilihlah jenis lantai rumah sesuai dengan selera, anggaran, dan kebutuhan penghuni rumah. Tak lupa tentunya tetap menyatu dengan keseluruhan tema yang hendak dicapai dalam konsep desain.

Seperti contoh, jika Anda menyukai hunian yang dekat dengan alam, natural namun dengan perawatan yang mudah dan harga ekonomis, lantai vinyl bisa menjadi pilihan lantai terbaik.
 
Dengan informasi ini sekiranya dapat membantu Anda dalam menentukan jenis lantai rumah yang memperindah dan membuat Anda jadi betah dirumah.

Dengan lantai vinyl dari Balian Flooring jadikan rumah Anda menjadi rumah idaman. Selamat mencoba!

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp