cara pasang lantai vinyl

6 Langkah Mudah Cara Pasang Lantai Vinyl

Ada beragam jenis material lantai di pasaran yang membuat Anda bingung dalam memilih yang cocok untuk hunian Anda.

Jika mencari lantai yang praktis dalam pemasangan dan merawatnya lantai vinyl bisa menjadi pilihan. Ternyata, ada lantai yang praktis dalam pemasangannya, salah satunya adalah cara pasang lantai vinyl.

Sekarang ini penggunaan  sebuah produk penutup lantai seperti vinyl lantai memang semakin meningkat drastis.

Mungkin dulu penutup lantai jenis ini hanya dapat ditemui pada sebuah gedung, perkantoran ataupun juga sebuah rumah sakit saja.

Namun dengan semakin berkembangnya zaman dan juga meningkatnya gaya kehidupan yang ada di masyarakat, kini lantai vinyl juga telah menjadi sebuah kebutuhan interior rumah yang sangat umum.

Saat ini untuk bisa mendapatkan sebuah produk penutup lantai jenis ini juga bisa dibilang cukup mudah. Di pasaran kini sudah banyak sekali toko yang jual vinyl lantai tersebut, entah itu di jual secara offline ataupun online.

Tentu ketika Anda akan membeli sebuah produk penutup lantai, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis dari produk tersebut. Tidak mungkinkan anda membeli sesuatu yang anda juga tidak tahu itu apa.

Untuk cara pasang lantai vinyl sendiri tentu berbeda dengan jenis penutup lantai lainnya. Cara pasang lantai vinyl meliputi tahap persiapan, pemasangan dan pemotongan.

Berikut adalah penjelasan mengenai bagaiamana cara memasang vinyl lantai dengan baik, sesuai dengan tahapan tersebut.

Seperti contohnya penutup lantai jenis keramik yang memerlukan semen dalam proses pemasangannya. Pada proses atau cara pasang lantai vinyl ini terbilang gampang-gampang susah.

Akan sangat terlihat mudah jika di tangani oleh orang yang memang sudah ahlinya dan juga akan sangat susah jika di lakukan oleh orang yang memang bukan ahlinya.

Cara pasang lantai vinyl bisa dilakukan oleh jasa profesional untuk hasil yang maksimal namun, jika Anda ingin pasang lantai vinyl sendiri pun ternyata sangat mudah.

Sudah banyak video cara pasang lantai vinyl di platform YouTube, ataupun Anda bisa mengikuti 6 langkah cara pasang lantai vinyl sederhana yang kami bagikan dibawah ini:

1. Kosongkan ruangan terlebih dahulu

Langkah pertama dalam cara pasang lantai vinyl, kosongkan ruangan. Jika di ruangan terdapat barang-barang seperti furniture, elektronik dan barang lainnya. ini bertujuan untuk memudahkan pengerjaan.

2. Ukur ruang

cara pasang lantai vinyl

Ukurlah luas ruangan yang akan dipasang vinyl secara teliti. Bila tidak dilakukan, maka bisa saja Anda kekurangan material vinyl yang akan digunakan.

Belilah sedikit lebih banyak untuk cadangan bilamana ada kesalahan. Penting bagi Anda untuk mendapat ukuran yang akurat.

3. Pastikan lantai rata

Vinyl harus diaplikasikan di lantai yang rata, tidak berlubang atau bergelombang serta harus dalam keadaan kering. Agar lantai vinyl dapat terpasang dengan rapi tanpa ada celah yang membuat lantai vinyl rusak.

4. Buatlah garis dari tengah hingga bagian luar

Tentukan titik pusat dari keempat sisi dinding dalam ruangan. Kemudian hubungkan titik dari ujung dinding ke titik tengah.

Anda akan mendapatkan pola dua garis yang menyilang sehingga bisa menjadi acuan saat memasang lantai vinyl

5. Oleskan lem pada permukaan lantai dan bagian bawah vinyl

cara pasang lantai vinyl

Cara pasang lantai vinyl setelah menentukan garis tengah adalah oleskan lem secukupnya ke permukaan lantai. Ada baiknya untuk didiamkan sebentar agar tidak muncul gelembung.

Lalu, selanjutnya bagian bawah lantai vinyl. Tempelkan segera vinyl setelah lem dibalurkan. Ikuti garis pedoman agar hasil semakin rapi.

6. Tekan dengan menggunakan rolling pin

Setelah satu demi satu lantai terpasang, tekanlah lantai vinyl menggunakan rolling pin. Ini bertujuan agar lem bagian bawah lantai vinyl merekat kuat pada bagian permukaan lantai, sehingga tidak menggeser lantai vinyl lainnya yang sudah tepat berada ditempatnya.


6 langkah saja cara pasang lantai vinyl yang bisa Anda lakukan sendiri, mudah kan?

Jika Anda masih merasa kesulitan mencari lantai vinyl dengan harga terjangkau dan tidak waktu untuk memasangnya sendiri.

Percayakan dengan Balian Flooring dengan kualitas lantai vinyl SPC (stone polymer composite) bebas rayap dan anti bakteri . Hubungi kami di Balian flooring untuk info lebih lanjut dan pemesanan.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp