dekorasi rumah

6 Tips Dekorasi Rumah Sendiri, Buat Isi Waktu Luang Saat Pandemi

Saat pandemi Covid-19, menggunakan waktu luang dengan dekorasi rumah sendiri bisa jadi kegiatan menyenangkan sekaligus menantang.

Bagaimana tidak? dengan dekorasi rumah, kamu dituntut untuk berkreasi dan berimajinasi untuk mewujudkan rumah impianmu yang nyaman sekaligus apik di lihat.

Bila ingin melakukannya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan berikut ini.

1. Tentukan Style Kamu

Perasaan seperti apa yang ingin kamu rasakan ketika berada di sebuah ruangan? Dengan mengetahui jawaban tersebut, akan jauh lebih mudah untuk melakukan dekorasi rumah sendiri.

Untuk poin ini, ada beberapa hal yang perlu digali lebih dalam. Misalnya, apakah kamu ingin pola atau warna tentu di sebuah ruangan?

dekorasi rumah

Cara lain untuk menentukan style kamu adalah dengan memikirkan kata kunci yang menentukan seperti apa yang ingin kamu rasakan saat ada di ruangan tersebut.

Misalnya, tradisional, formal, elegan, ceria, lucu, mengundang, monokromatik, atau modern. Bila poin tahu jawabannya, langkah selanjutnya akan jauh lebih mudah.

2. Cari Tahu Apa yang Kamu Tidak Suka

Akan jauh lebih mudah bagi seseorang untuk mengungkapkan apa yang mereka tidak sukai di sebuah rumah hunian.

Dengan memasukan poin tidak suka dalam sebuah perencanaan, ini dapat membantu menghilangkan beberapa hal dan mempersempit hal lainnya. 

Umumnya, ada pola, warna atau style tertentu yang tidak kamu suka karena ini dapat mengingatkan kamu akan sesuatu yang buruk di masa lalu, atau sesuatu yang ingin kamu lupakan.

Kenangan dan reaksi seperti ini sangatlah personal dan ini bisa mempengaruhi selera seseorang saat dekorasi rumah sendiri.

3. Buat Rencana Ruangan Sendiri

dekorasi-rumah

Saat dekorasi rumah sendiri, perencanaan ruangan akan berdampak pada skala dan ini menjadi sangat penting.

Sebagian orang sering menggunakan furniture atau perabotan yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk sebuah ruangan. Furniture yang terlalu besar hanya akan menghabiskan tempat.

Untuk itu, sesuaikan furniture dengan space yang kamu miliki di rumah dan pikirkan juga tentang keseimbangan. 

Untuk ruangan yang lebih besar pertimbangkan menetapkan zona berbagai aktivitas. Seperti area tempat duduk yang kondusif untuk bercakap-cakap, area menonton TV, area kerja dengan meja atau meja untuk proyek, dan lainnya.

Penempatan perangkat yang proporsional menjadi kunci untuk desain apapun.

4. Pilih Cat yang Kamu Suka

dekorasi rumah

Ketika ingin dekorasi rumah sendiri, kamu bebas memilih warna cat yang diinginkan untuk ruangan tertentu.

Tidak bisa dipungkiri bila pemilihan cat menjadi salah satu keputusan terpenting dan hemat biaya yang bisa kamu buat. Pilihan cat yang tepat pun dapat menghubungkan ruangan secara harmonis. 

Untuk itu, ketika dekorasi rumah pertimbangkan secara keseluruhan. Kamu berisiko menciptakan rumah terputus-putus jika mengecat satu ruangan pada satu waktu.

Pertimbangkan bagaimana warna mempengaruhi suasana hati. Beberapa jenis warna terbukti dapat membuat seseorang merasa senang, tenang, atau bahkan gelisah. 

5. Gabungkan Perabotan Harga Mahal dan Murah

dekorasi rumah

Perabotan dengan harga mahal tidak menjamin sebuah ruangan terlihat elegan. Kuncinya adalah dengan melakukan padu-padan pada semua perkakas yang ada ketika kamu punya waktu luang untuk dekorasi rumah sendiri saat pandemi.

Hal yang paling utama ketika memilih perabotan adalah mempertimbangkan unsur kenyamanan yang tercipta ketika perabotan tersebut diaplikasikan di sebuah ruangan. 

Ambil inspirasi dari desainer yang membeli item berdasarkan pada bentuk, kenyamanan dan bagaimana hasil seni atau perabotan cocok dengan selera dan kebutuhan.

Jadi, jangan sungkan untuk memadukan perabotan mahal dan murah untuk menciptakan kesan sebuah ruangan yang cozy dan elegan.

6. Mulailah Dari Bawah ke Atas

Mengaplikasikan desain bisa membuat kamu kewalahan saat menerapkannya di sebuah ruangan. Banyak orang yang bertanya-tanya, di mana tepatnya untuk memulai dekorasi rumah sendiri.

Jawabannya adalah, untuk ruangan apapun kamu disarankan memulainya dari bawah ke atas. Pertama, putuskan penutup lantai.

Tidak masalah bila kamu ingin memasang hardwood floor, permadani, ubin, batu, atau wall-to-wall carpeting. 

Memikirkan tentang lantai terlebih dulu dapat membantu menentukan bagaimana bagian lain dilapisi di dalam sebuah ruangan.

dekorasi rumah

Jika kamu memilih tone netral atau serat alami tanpa banyak pola atau warna, kamu akan punya banyak pilihan dengan warna atau pelapis. 

Nah, jika kamu ingin melakukan dekorasi rumah sendiri saat pandemi virus corona untuk bagian flooring, pastikan kamu menggunakan produk flooring berkualitas yang awet dan elegan.

Sebagai solusi praktis, kamu bisa memilih Balian Flooring. Produsen flooring ini mengedepankan kepuasan pelanggan untuk semua produk yang dimiliki. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi balianflooring.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp