fakta lantai vinyl

Yuk, Ketahui 8 Fakta Lantai Vinyl yang Menarik Perhatian

Ada beberapa fakta lantai vinyl yang cukup menarik. Jenis lantai yang memiliki banyak peminat ini nyatanya tidak hanya memiliki banyak keunikan.

Tetapi juga keuntungan bila dipasang di rumah atau properti yang Anda miliki. Nah, jika Anda ingin mendapat kenyamanan atas permukaan lantai.

Sekaligus mudah dalam hal pemeliharaan, cek dulu fakta lantai vinyl berikut ini ya.

1. Jenis lantai vinyl

fakta lantai vinyl

Fakta Lantai vinyl pertama adalah tersedia dalam 2 jenis, yaitu lantai berbentuk lembaran (sheet) dan ubin (tile). Lantai lembaran, yang diletakan dalam lembaran dengan lebar 6 atau 12 feet dianggap tahan air dan mudah dipasang.

Sementara itu, lantai vinyl dalam bentuk ubin hadir dalam ukuran sekitar 9 atau 12 inci persegi. Dimana ini seperti me-replikasi tampilan ubin keramik tetapi lebih ekonomis. 

2. Pelapis lantai vinyl

Fakta lantai vinyl selanjutnya berkaitan dengan pelapisan. Ada tiga tipe pelapis lantai vinyl, dimana semua ini memberi hasil akhir yang menawan, yaitu:

  • Lapisan vinyl tanpa lilin. Ini adalah jenis paling ringan dan baik untuk area dengan trafik ringan dan sedikit terpapar kotoran dan kelembaban.
  • Lapisan uretan. Jenis ini memiliki karakter lebih tahan lama. Memiliki lapisan lebih berat sehingga tahan terhadap trafik sedang, tahan terhadap lecet, dan mudah dibersihkan. 
  • Lapisan uretan yang disempurnakan. Ini adalah jenis pelapis lantai vinyl terberat dan dapat mengakomodasi traffic pejalan kaki yang sibuk. Memiliki daya tahan tinggi terhadap goresan dan noda, serta memiliki kilau yang tahan lama tanpa perawatan secara terus-menerus.

3. Resistensi terhadap noda

Beberapa ubin vinyl memiliki lapisan keausan terhadap noda dan tumpahan. Dengan begitu, Anda dapat mengharapkan proteksi ini dengan ubin dan lembaran vinyl.

Di sisi lain, solid dan composite vinyl tile tidak memiliki proteksi permukaan tersebut. Oleh karena itu, produk seperti ini lebih rentan terhadap noda. Perlu pengelupasan dan pemolesan untuk menjaganya seperti terlihat baru.

4. Ketebalan

fakta lantai vinyl

Fakta lantai vinyl selanjutnya adalah mengenai ketebalan lantai. Lantai vinyl umumnya lembut saat diinjak oleh telapak kaki. Beberapa lembaran dan ubin vinyl bahkan memiliki lapisan empuk.

Sehingga membuat orang yang berjalannya di atasnya merasa lebih nyaman. Juga, lantai vinyl seringkali disebut sebagai lantai ‘tahan banting’.

Yang berarti lantai memiliki tingkat elastisitas tertentu saat Anda melewatinya. Luxury vinyl tile juga memiliki karakter yang dapat menyerap suara. Sehingga orang yang berjalan di atasnya seperti tidak menimbulkan bunyi.

5. Rekomendasi penggunaan

fakta lantai vinyl

Karena memiliki sifat daya tahan tinggi. Ubin vinyl menjadi pilihan yang cocok untuk berbagai area di rumah, seperti dapur, kamar mandi, ruang bawah tanah, ruang keluarga, dan ruang laundry.

6. Desain

Sebagian orang mengatakan bila desain dari lantai vinyl adalah fitur terbesarnya. Dimana keserbagunaan vinyl menjadikannya difavoritkan oleh pemilik rumah.

Dengan begitu banyak warna dan motif lantai vinyl yang tersedia di pasaran, pilihan Anda pun hampir tak terbatas.

Misalnya, Anda dapat mengkombinasikan vinyl solid dan komposit untuk menciptakan pola acak yang unik. Atau, pertimbangkan juga mengenai vinyl cetak.

Dengan demikian, Anda dapat menciptakan tampilan batu atau kayu keras tanpa mengeluarkan biaya menggunakan bahan-bahan alami tersebut.

7. Perbaikan vinyl

Fakta Lantai vinyl lainnya adalah berkualitas tinggi dan juga dapat bertahan lama. Namun, vinyl berkualitas rendah menjadi mudah robek dan mengelupas sehingga sulit mengatasinya.

Secara khusus, ini terutama berlaku bila Anda menggunakan lembaran vinyl. Ini disebabkan karena lantai vinyl tidak dapat dipelitur kembali setelah rusak dan perlu segera dilepas dan diganti.

8. Lantai vinyl saat terkena sinar matahari

Sayangnya, sebagian besar jenis lantai rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Seiring dengan berjalannya waktu, lantai vinyl dapat memudar bila terpapar sinar matahari langsung.

Ini merupakan fakta lantai vinyl yang perlu Anda ketahui. Untuk menghindari hal tersebut, Anda direkomendasikan menutup tirai untuk melindungi lantai saat terkena sinar matahari yang terik. 


Dari fakta lantai vinyl di atas, dapat dikatakan bila jenis lantai ini cocok diaplikasikan untuk kamar dengan trafik tinggi.

Karena sifatnya yang tahan lama, ekonomis, dan perawatan yang praktis, tidak heran jika lantai vinyl menjadi pilihan sangat populer bagi banyak orang.

Bila Anda juga tertarik untuk memasang lantai vinyl di rumah, Anda dapat menghubungi Balian yang memiliki berbagai koleksi lantai vinyl premium yang beralamat hubungi Balian flooring untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp