perawatan lantai vinyl

6 Langkah Mudah Perawatan Lantai Vinyl yang Hemat Biaya

Lantai kayu atau parket merupakan salah satu jenis material lantai yang sering digunakan para desainer interior. Semua itu karena lantai kayu dan lantai parket dapat menciptakan hunian Anda terasa alami dan nyaman. Namun ternyata, cara merawat lantai kayu dan parket cukup sulit loh. Bahkan, perlu perawatan ekstra agar lantai tidak keropos dan terjaga dari kelembaban. Beda halnya dengan perawatan lantai vinyl.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi. Memunculkan inovasi berupa material lantai jenis vinyl yang terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC). Lapisan lantai sintetis elastis ini memiliki tekstur halus dan mengkilap. Teknik perawatan lantai vinyl bisa terbilang mudah sehingga menjadi pengganti yang cocok untuk Anda yang menginginkan lantai bernuansa kayu pada hunian.

Lantai vinyl terbuat dari bahan dengan kandungan dasar tahan air, anti lembab, dan juga anti bakteri. meskipun begitu perawatan lantai vinyl tetap menjadi perhatian penting agar bisa bertahan lama. Jika dirawat dengan cara yang kasar, lantai vinyl pun akan cepat rusak. Oleh karena itu lakukan perawatan sehari-hari dengan cara yang tepat dan aman untuk lantai vinyl.

Baca juga: Ketahui! Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Jenis Lantai Vinyl

Sebelum memilih, pastikan Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap jenis lantai vinyl.

Perawatan lantai vinyl tidak sesulit lantai parket yang memerlukan lapisan spesial secara berkala agar awet. Perlu Anda ingat, lantai vinyl juga tidak perlu lapisan wax untuk memberi kesan kilap. Anda bisa mengikuti informasi seputar cara perawatan lantai vinyl yang tepat dan aman seperti berikut.

Gunakan keset pada lantai vinyl

Kotoran dan bahan kimia adalah dua musuh besar yang dapat merusak lantai. Keduanya bersifat abrasif terhadap vinyl. Seiring waktu lantai vinyl akan tergores dan menguning.

Solusi terbaiknya, Anda dapat melepas sepatu sebelum masuk rumah atau membersihkan sepatu Anda pada keset. Kemudian, sediakan juga keset pada tempat-tempat yang sering Anda pijak seperti dapur dan tempat lainnya.

Sapu lantai vinyl secara rutin

Bersihkan debu dan kotoran yang masuk ke dalam rumah agar tidak merusak dan menggores lantai vinyl. Lakukan pembersihan lantai sebelum banyak orang yang lalu lalang. Sebab debu dan kotoran dari luar dapat merusak lapisan atas lantai vinyl Anda.

Perawatan lantai vinyl dapat Anda lakukan dengan cara disapu secara rutin agar debu dan kotoran tidak menyebar dan mengendap pada seluruh ruang. Atau Anda bisa gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai dengan cepat.

Baca juga: Kenali Perbedaan Lantai parket dan Lantai kayu!

Banyak perbedaan lantai parket dan kayu yang tidak banyak orang tahu.

Segera bersihkan bekas tumpahan pada lantai vinyl

Pastikan untuk membersihkan bekas makanan atau apapun yang Anda tumpahkan. Besihkan segera mungkin sebelum noda pada lantai mengering.

Tumpahan minuman manis sangat mudah meninggalkan noda pada lantai. Jika sudah mengering akan lebih sulit untuk membersihkan dan menghilangkannya.

selain itu, air juga salah satu faktor yang juga dapat sebabkan kerusakan pada lantai vinyl. Jika Anda biarkan dalam waktu lama.

Jadi, dalam perawatan lantai vinyl pastikan untuk segera membersihkan tumpahan apapun sebelum mengering.

Gunakan cairan pembersih

Membersihkan lantai vinyl sangat mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli pembersih bermerek untuk perawatan lantai vinyl. 

Cukup tambahkan sedikit sabun cuci piring pada larutan pembersih untuk dapatkan pembersihan yang lebih baik pada tempat-tempat yang sulit dibersihkan.

Anda juga dapat menggunakan cuka, alkohol, atau soda kue untuk membersihkan lantai vinyl dari tumpahan tinta, makeup, dan buah-buahan yang sulit hilang.

Gunakan sikat nilon

Jika noda lengket sulit Anda bersihkan dengan kain lembut, gunakan sikat nilon untuk membersihkannya. Cara perawatan lantai vinyl satu ini biasanya sangat ampuh. 

Sikat nilon sangat berguna menghilangkan noda-noda lengket. Caranya, gosok noda dengan lembut menggunakan pembersih. 

Tetapi, pastikan Anda menggunakan sikat nilon yang memiliki ujung lembut agar lantai vinyl tidak rusak.

Gunakan alas pada funiture

lantai vinyl

Perabotan atau peralatan berat dapat menyebabkan kerusakan pada lantai vinyl, jika tidak Anda lapisi alas tambahan. Meja, tempat tidur, dan lemari es adalah perabotan yang memiliki posisi permanen dan jarang pindah posisinya.

Benda-benda ini dapat menyebabkan penyok pada lantai vinyl. Menggunakan alas tambahan merupakan cara terbaik sebagai pelindung agar lantai vinyl tetap tahan dan awet puluhan tahun.

cukup dengan 6 cara perawatan tersebut, lantai vinyl Anda dapat awet hingga puluhan tahun. Sekarang, Anda jadi lebih percaya diri jika tamu datang ke rumah tanpa perlu khawatir lantai terlihat kusam.

Jika yang Anda cari lantai dengan perawatan muda dan awet bertahun-tahun Balian flooring bisa jadi pilihan. Pesan sampel gratis Anda sekarang juga!

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp