renovasi hunian

Mau Renovasi Hunian? Ini 6 Alasan Tepat Lantai Vinyl Jadi Pilihan

Ketika Anda ingin melakukan renovasi hunian, memilih lantai vinyl adalah opsi terbaik dan bijaksana. Di tengah banyaknya jenis flooring yang tersedia di pasaran, terdapat berbagai keunggulan lantai vinyl yang tidak dimiliki oleh jenis lantai lain. Berikut adalah alasan tepat kenapa Anda perlu memilih lantai vinyl untuk renovasi hunian.

1. Tahan terhadap kelembaban

Lantai vinyl sepenuhnya tahan air sehingga dapat diaplikasikan di hampir semua ruangan di rumah. Dengan kata lain, jenis lantai ini akan cocok dipasang ketika ingin melakukan renovasi hunian untuk area basah, di mana air sering membasahi lantai, seperti kamar mandi, tempat cuci baju, ataupun di dapur.

2. Fleksibilitas dalam hal estetika

renovasi rumah

Lantai vinyl tersedia dalam berbagai warna dan pola yang dapat sesuai dengan hampir semua style dekorasi yang ingin Anda aplikasikan saat renovasi hunian.

Kabar terbaru menyatakan bila jenis desain vinyl yang paling populer adalah yang meniru bahan alam seperti kayu dan batu alam. 

Tidak hanya itu, lantai vinyl kayu imitasi juga sangat populer dan tersedia dalam bentuk papan (plank), mirip dengan lantai papan kayu asli dan terlihat seperti lantai kayu asli ketika diaplikasikan.

Hal ini pun memungkinkan pemilik hunian ketika ingin renovasi hunian dapat menikmati tampilan kayu alami di area basah tanpa resiko melengkung ataupun mengelupas.

3. Proses pemasangan yang cepat dan mudah

renovasi rumah

Dalam hal pemasangan, lantai vinyl tersedia dalam beberapa bentuk seperti lembaran, ubin, dan papan yang sangat mudah dipasang.

Lembaran lantai vinyl perlu direkatkan dan ini paling sering ditemukan di lapangan. Sementara untuk jenis ubin pemasangannya dengan cara ‘lepas dan tempel’. Artinya, ini hanya masalah meletakkannya secara merata dan rapi. 

Sementara itu, untuk vinyl plank perlu diletakan dengan cara yang sama seperti lantai laminasi, di mana keduanya memiliki profile ‘tongue-and-groove’ yang cukup di-klik saja.

Kunci untuk bisa sukses memasang lantai vinyl adalah kebutuhan akan permukaan yang halus karena jika tidak setiap kekurangan akan terlihat seperti benjolan atau lekukan saat renovasi hunian. 

4. Daya tahan tinggi

renovasi rumah

Lantai vinyl umumnya dianggap sebagai pilihan lantai yang sangat tahan lama, yang bila dipasang dan dirawat dengan baik dapat berumur panjang.

Bahkan bisa sampai 10 – 20 tahun. Jadi, bila Anda memilih lantai vinyl untuk renovasi hunian, paling tidak flooring di rumah Anda akan lebih awet dan memberi atmosfer beda dengan jenis lantai lain, seperti keramik atau marmer. 

Selain itu, bila jenis lantai vinyl yang Anda pilih memiliki ‘wear layer’, di mana umumnya terletak pada bagian atas vinyl itu sendiri, maka ini dapat menjamin bila lantai yang Anda pasang di rumah akan tahan lama.

Bahkan untuk area rumah yang punya trafik tinggi seperti ruang keluarga saat Anda ingin renovasi hunian. 

5. Higienis dan tahan terhadap noda

renovasi rumah

Fakta lain ketika ingin renovasi hunian tentang jenis lantai ini adalah mudah dibersihkan, tahan noda, memiliki kualitas non-alergi, tahan api, dan dapat menyerap lebih banyak suara dibandingkan dengan jenis lantai lain. 

Sebelum renovasi hunian, Anda hanya perlu memastikan bahwa semua pasir dan kotoran secara rutin disapu atau rutin dilakukan vacuum.

Setelah itu, baru dipel dengan lap yang telah dibasahi dan jenis pembersih yang direkomendasikan oleh produk lantai vinyl yang Anda pasang.

Bagian wear layer yang bening pada lantai vinyl dapat bertindak sebagai penghalang permukaan, serta melindungi lantai dari noda dan tumpahan. 

6. Nyaman di kaki

renovasi hunian

Lantai vinyl tidak menjadi dingin, bahkan saat musim dingin atau musim hujan datang. Tidak mengherankan lagi jika jenis lantai ini secara tradisional menjadi pilihan bijak bila Anda tinggal di area bersuhu dingin.

Kabar baik lainnya adalah lantai vinyl ini tahan banting yang berarti teksturnya lembut hingga dapat memberi sensasi nyaman saat Anda berjalan diatasnya. 

Dengan mengetahui kualitas jenis lantai vinyl, tidak keliru bila Anda memilih lantai vinyl untuk renovasi hunian.

Nah, bila Anda ingin mendapatkan produk lantai vinyl dengan kualitas premium dan harga bersaing, Anda dapat mempercayakannya pada Balian. Klik disini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *