renovasi rumah

5 Tips Renovasi Rumah Tanpa Menguras Budget

Renovasi rumah terkadang menjadi sebuah kebutuhan yang penting. Bukan hanya untuk menjaga rumah tetap apik dan nyaman ditinggali. Tetapi perubahan suasana diperlukan untuk meningkatkan energi positif di dalam rumah.

Pemilik rumah pun harus cerdik mengatur strategi agar renovasi rumah dilakukan efektif dan dapat menekan budget. Sehingga membuka peluang Anda untuk mengalokasikan sebagian dana untuk kebutuhan lainnya. 

Berikut tips merenovasi rumah tanpa harus menguras budget:

1. Tetapkan budget dan disiplin dalam menggunakannya

Sebelum mulai renovasi rumah, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah tentang anggaran renovasi dan patuhi apa yang tertulis di sana.

Ketahui terlebih dahulu kebutuhan terpenting hingga kebutuhan paling tersier. Mulailah dengan menganggarkan sejumlah uang yang sanggup Anda belanjakan sebelum mulai membuat pilihan desain.

renovasi rumah

Sebagai langkah awal, buatlah spreadsheet dan catat semua yang ingin dibeli. Misalnya untuk flooring, lighting, kran air, cat, dan lainnya.

Kemudian, buat penyesuaian dengan memilih material dengan harga yang lebih terjangkau atau selalu dahulukan renovasi yang paling esensial.

2. Do it yourself

Tips renovasi rumah selanjutnya adalah dengan mengusung konsep ‘Do It Yourself’ alias DIY. Sudah jelas bila metode ini adalah cara paling efektif untuk menghemat uang selama renovasi rumah.

Jangan pernah memikirkan sesuatu seperti “Saya tidak mahir dan terampil. Jadi ini bukan pekerjaan untuk saya”. 

Mungkin saja Anda tidak bisa memasang drywall, tetapi masih bisa melakukan sesuatu seperti mempersiapkan ruang sebelum pekerja datang karena ini bisa menghemat waktu.

Jika Anda bisa membantu membersihkan ruangan, mengecat bagian dasar tembok atau lainnya, itu sudah sangat bagus untuk menghemat uang.

renovasi rumah

Kemudian, jika Anda memiliki skill DIY moderat, ini adalah saat yang tepat untuk unjuk kebolehan. YouTube bisa jadi teman Anda.

Selama Anda memiliki keinginan untuk belajar skill baru, luangkan waktu dan lakukan dengan benar. Tekad yang Anda miliki pun dapat menjadi aset terbaik untuk menekan budget.

Biarpun begitu, ada beberapa hal yang sudah pasti tidak bisa Anda lakukan sendiri karena pekerjaan tertentu perlu ditangani langsung oleh profesional. Misalnya untuk masalah listrik atau pemindahan saluran listrik. 

3. Lakukan re-use material yang akan digunakan

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghemat budget saat renovasi rumah adalah dengan menggunakan kembali material lama untuk bisa dimanfaatkan kembali.

Contohnya saja saat renovasi dapur dengan menggunakan kembali lemari dan beberapa peralatan yang telah ada sebelumnya. 

Bila Anda perlu lebih dari sekedar cat dan hardware baru agar bagian pintu kabinet dapur terlihat elok. Anda masih bisa menghemat banyak uang.

renovasi rumah

Dengan mengganti pintu untuk mengubah style, atau bahkan membuang pintu tetapi membiarkan kabinet tetap di tempatnya. 

Meskipun Anda tidak dapat menggunakan kembali apa yang sudah ada sebelumnya di sebuah ruangan. Anda dapat membeli material dan perlengkapan dari second hand.

Anda pun dapat membelinya secara online. Cari barang yang benar-benar Anda perlukan dan masih layak pakai sebelum memutuskan membeli.

4. Seimbangkan material high dan low end

Tips renovasi rumah untuk menghemat budget selanjutnya adalah dengan menyeimbangkan material yang high dan low end.

Anda tidak perlu membelanjakan uang untuk semua perabot atau perkakas dengan harga mahal. Karena ini akan membuat dana yang tersedia tersedot ke tahap itu.

Kuncinya adalah dengan menemukan keseimbangan. Tidak memilih produk yang ekstrim mahal semua, atau ekstrim murah semua.

5. Tetap Jaga Jejak Rumah Tetap Sama

Salah satu perubahan terbesar yang Anda lakukan dalam renovasi rumah adalah memindahkan barang-barang berukuran besar. Ini dikaitkan dengan bak cuci, bak mandi, kompor, dinding, atau jendela.

Terkadang, merenovasi bagian dinding berarti perlu memasang balok penahan beban yang mahal. 

Namun, ini dianggap lebih mudah daripada melakukan renovasi ventilasi untuk kompor gas, ganti saluran listrik, atau memindahkan bagian jendela ke sisi lainnya.

Pada titik tertentu, Anda tidak bisa melakukannya sendiri karena masih perlu profesional untuk mengerjakan semua tugas karena perlu skill tertentu.

Nah, kalau kamu perlu renovasi rumah bagian lantai, jatuhkan pilihan pada Balian Flooring. Terdapat berbagai variasi produk flooring yang dapat kamu pilih dengan kualitas terbaik. Mempercantik bagian interior saat renovasi rumah pun akan membuat hunianmu terkesan mewah dan cozy.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp