desain rumah sehat

5 Tips Desain Rumah Sehat yang Mudah Diterapkan

Desain rumah sehat dengan sirkulasi udara yang sejuk adalah dambaan setiap orang. Terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan.

Rumah yang tidak memiliki ventilasi membuat suasana menjadi pengap, panas dan tidak nyaman. Jika dibiarkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Penggunaan penyejuk udara mungkin menjadi solusi. Namun, selain mahal penggunaan terus-menerus juga berdampak buruk untuk kesehatan Anda. Karena udara sejuk yang dihasilkan tidak alami.

Baca juga: Ingin Rumah Sehat Bebas Penyakit? Ketahui 5 Hal ini!

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengubah rumah jadi lebih dingin dan sejuk. Salah satunya dengan menjaga kebersihan rumah secara rutin dan menanam pohon.

Rumah yang sejuk dan bersih akan berdampak positif bagi penghuninya. Jadi, berikut desain rumah sehat sejuk yang dapat Anda terapkan.

1. Jendela desain rumah sehat

Memberikan lebih banyak ventilasi untuk ruang terbuka adalah perencanaan desain rumah sehat yang sempurna. Jendela besar rumah yang menghadap halaman memudahkan sinar matahari masuk. Membuat suhu rumah Anda terasa hangat ketika pagi hari.

Selain itu, cahaya matahari yang masuk ke ruangan dapat menghilangkan kelembaban. Serta bakteri dan jamur yang menempel pada furnitur dan dinding. Angin dan udara segar lebih bebas masuk yang memberikan kesejuk pada rumah Anda.

desain rumah sehat
Archdaily

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Rumah Sehat Keluarga Sehat

Gunakan jendela ganda dengan kaca yang dapat dibuka ke dalam. Dengan bagian luar yang dapat dibuka ke arah luar. Jendela rangkap memiliki fungsi sebagai sirkulasi udara sekaligus pencahayaan.

Ketika Anda membutuhkan cahaya, bagian luar bisa dibuka dan cahaya akan langsung masuk menembus lapisan kaca. Udara sejuk bisa diperoleh dengan membuka keduanya.

2. Posisi ruangan desain rumah sehat

Posisi dan arah ruangan akan memengaruhi suhu ruangan. Ruang yang sering digunakan aktivitas pagi hingga siang hari sebaiknya berada disebelah barat. Seperti ruang makan dan ruang tamu.

desain rumah sehat
Arsitek terkai das archi/Joana França/archdaily

Baca juga: 7 Syarat Rumah Sehat yang Harus Diketahui

Penempatan ruang ini bukan tanpa alasan. Kamar yang terletak sebelah barat akan terasa dingin di pagi hari. Malam harinya, ketika matahari sudah mulai bergerak ke arah barat, kamar dari sisi timurlah yang akan terasa lebih dingin.

3. Desain rumah dengan banyak tumbuhan

Selain membuat rumah terlihat indah, tanaman mampu memberi suasana sejuk yang diinginkan. Bahkan, kehadiran pohon-pohon di halaman juga memberikan suasana yang sama.

Baca juga: 3 Ketentuan Rumah Sehat Sederhana yang Wajib Diketahui!

Jangan lupa untuk melihat kondisi sekitar dan membersihkan tanaman secara teratur. Sehingga tidak mengganggu cahaya alami yang masuk ke dalam rumah.

4. Exhaust fan

Exhaust fan adalah jenis kipas yang menyedot udara dari dalam ruangan keluar dari rumah. Bahkan, fungsi kipas ini dapat dibalik untuk menyerap udara segar ke dalam rumah.

desain rumah sehat

Sehingga rumah Anda memiliki udara segar dan sejuk sepanjang hari. Dengan kipas ini akan menjaga suhu ruangan tetap stabil. Sirkulasi udara dalam ruangan akan menjadi lebih baik dan membuat Anda lebih betah.

5. Plafon

Sirkulasi udara dapat dipengaruhi oleh ukuran plafon. Jarak antara atap dan plafon dapat menentukan suhu ruangan. Plafon tinggi akan membuat udara masuk ke rumah lebih banyak.

Selain itu, juga dapat menahan panas matahari langsung ke dalam rumah. Ukuran Membuat plafon dengan ketinggian yang cukup sekitar 3 meter atau lebih, setara dengan dua kali tinggi tubuh manusia dewasa

Jika kesehatan jadi prioritas utaman Anda. 5 tips desain rumah sehat ini bisa diterapkan. Untuk mewujudkan rumah sehat yang berkualitas.

Agar desain rumah sehat Anda semakin berkualitas gunakan lantai vinyl anti bakteri sekarang. Lantai dengan anti bakteri terbaik hanya bisa Anda temukan di Balian flooring. Klik disini untuk Pesan sampel gratis. Rasakan keindahannya langsung.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp