9 Cara Mudah Jaga Kesehatan agar Bisa Terus Beraktivitas saat Musim Hujan

Musim hujan selalu membuat kebiasaan sehari-hari kembali berubah, baik di tempat kerja maupun di rumah.

Tidak bisa dipungkiri bila musim hujan juga identik dengan munculnya sejumlah penyakit seperti flu, demam, batuk, dan sakit kepala.

Mengingat musim hujan sudah datang, tidak ada salahnya juga Anda untuk bersiap menerapkan tips untuk jaga kesehatan agar dapat terus beraktivitas di segala cuaca.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Keluarga

1. Tingkatkan asupan vitamin C

Musim hujan adalah waktu yang tepat bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak dan sebaiknya harus lebih jaga kesehatan.

Anda akan melihat bahwa pada musim hujanlah virus, reaksi alergi, dan infeksi virus lain paling merajalela. Demikian pula, udara memiliki lebih banyak bakteri saat musim hujan dibandingkan musim lainnya.

Agar tetap sehat, Anda pun disarankan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu cara termudah untuk jaga kesehatan yang pertama adalah dengan meningkatkan asupan vitamin C.

Anda dapat makan kecambah, sayuran hijau segar, dan jeruk untuk mendapatkan asupan vitamin C.

2. Hindari mengonsumsi makanan pinggir jalan

Jaga kesehatan

Makanan pinggir jalan atau makanan yang biasa dijajakan di pinggir jalan saat musim hujan sebaiknya dihindari demi jaga kesehatan.

Alasannya, makanan yang berada di luar ruangan akan lebih rentan terpapar udara yang telah terkontaminasi dengan debu, kotoran, bahkan mikroorganisme berbahaya.

Semakin lama makanan terpapar udara terbuka, semakin tinggi kemungkinannya untuk menjadi rumah bagi mikroorganisme tersebut. 

3. Jangan biarkan air menggenang

Jaga kesehatan Anda dari penyakit demam berdarah. Mengapa? Pada saat musim hujan perkembangbiakan nyamuk meningkat dengan pesat.

Hal ini disebabkan banyak genangan air yang memungkinkan menjadi tempat nyamuk berkembangbiak.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan tidak ada air yang menggenang di rumah Anda, misalnya dari air hujan. Selain itu pastikan tidak ada saluran air yang tersumbat.

4. Setrika baju Anda

Jaga kesehatan

Musim hujan rentan juga dengan tumbuhnya jamur di tempat-tempat yang lembab. Lemari pakaian menjadi salah satu tempat yang kerap ditumbuhi oleh jamur dan tidak menutup kemungkinan jamur bisa tumbuh di tumpukan baju Anda, lho.

Untuk jaga kesehatan Anda dari bahaya jamur yang tumbuh di baju, maka disarankan Anda lebih rajin menyetrika baju agar jamur tidak berkembang.

5. Tidur yang cukup

Jaga kesehatan

Jangan tidur terlalu malam hanya untuk menonton web series. Tidur selama 7 – 8  jam di malam hari dapat bantu jaga kesehatan Anda, lho.

Dengan tidur cukup otomatis kekebalan tubuh meningkat dan dapat mencegah penyakit flu serta demam yang biasa muncul ketika musim hujan tiba.

6. Olahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh, tetapi juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan bantu jaga kesehatan tubuh Anda.

Jika sistem kekebalan tubuh Anda meningkat, otomatis tubuh Anda mampu melawan virus dan bakteri dari luar.

Olahraga dapat membuat jantung Anda berdetak kencang, meningkatkan sirkulasi darah, dan memancing produksi serotonin (hormon kebahagiaan). Aktivitas seperti lompat tali, squat, atau plank bisa menjadi rekomendasi olahraga yang bagus untuk Anda lakukan di rumah.

7. Jaga kebersihan tangan

Jaga kesehatan

Menjaga kebersihan tangan juga menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk jaga kesehatan ketika musim hujan tiba. Mempraktekkan kebiasaan mencuci tangan dengan air dan sabun dapat membantu membunuh hampir semua mikroba yang menempel pada tangan Anda.

Apalagi saat musim hujan seperti ini, kondisi tangan lembab sehingga bakteri dan kuman mudah sekali menempel.

8. Masuk ke rumah atau ruangan ber-AC hanya ketika tubuh Anda kering

Bila masuk ke ruangan ber-AC saat musim hujan, Anda perlu menunggunya terlebih dulu. Bawalah handuk untuk mengeringkan diri Anda sebisa mungkin.

Udara AC dapat menghembuskan sensasi dingin yang akan membuat Anda mudah terkena flu jika kulit dan pakaian Anda basah untuk selalu jaga kesehatan.

9. Lakukan semua tindakan untuk menghindari nyamuk di rumah

Anda juga harus tetap waspada dari gigitan nyamuk karena bisa jadi nyamuk penyebab demam berdarah. Untuk itu, pastikan Anda selalu mengoleskan lotion pengusir nyamuk, baik saat di rumah ataupun di luar rumah. Dengan begitu, Anda bisa tetap jaga kesehatan Anda dari penyakit demam berdarah.

Jika sudah tahu cara jaga kesehatan saat di musim hujan tiba, Anda pun dapat terhindar dari penyakit. Plus, Anda akan tetap beraktivitas dan produktif di mana pun Anda berada pada saat musim hujan.

Baca juga: 7 Syarat Rumah Sehat yang Harus Diketahui

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *