syarat rumah sehat

7 Syarat Rumah Sehat yang Harus Diketahui

Membentuk pola hidup sehat dimulai dari lingkungan rumah. Menciptakan rumah sehat adalah pondasi untuk mewujudkan kehidupan yang sehat juga.

Apakah rumah Anda sudah memenuhi syarat rumah sehat? Sebaiknya ketahui syarat rumah sehat untuk lindungi keluarga Anda sebelum terlambat.

Rumah yang bagus tidak harus megah dan mewah lho, tetapi harus memenuhi syarat kesehatan. Rumah sehat setidaknya dapat memenuhi kebutuhan fisiologis dan psikologis.

Jika rumah Anda memenuhi syarat kesehatan. Kecil kemungkinan Anda dan keluarga terserang penyakit yang disebabkan oleh virus, kuman, dan bakteri sekalipun.

Berikut 7 syarat rumah sehat yang dapat Anda terapkan.

1. Memiliki ventilasi udara yang cukup

syarat rumah sehat

Vetilasi sangat berperan penting pada rumah Anda. Dengan adanya ventilasi sirkulasi udara terus berjalan meskipun pintu dan jendela tertutup.

Ventilasi dapat mempertahankan kadar oksigen di dalam rumah serta menjaga kelembaban rumah. Sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan ventilasi silang atau cross ventilation.

Ventilasi silang membuat pertukaran udara lebih efektif pada setiap sudut rumah.

Baca juga: 3 Ketentuan Rumah Sehat Sederhana yang Wajib Diketahui!

2. Plafon dan Atap memadai

syarat rumah sehat

Plafon dan atap sangat berpengaruh pada suhu dalam rumah. Pertimbangkan jarak antara plafon dan lantai. Jarak plafon yang terlalu rendah menyebabkan suhu ruangan terasa panas.

Pemilihan atap juga penting Anda pertimbangkan. Pemakaian genteng dari tanah liat sangat disarankan untuk rumah di daerah tropis seperti Indonesia.

Karena genteng tanah liat menyerap panas. Sebaiknya hidari pemakain seng dan asbes karena membuat suhu dalam rumah jadi semakin panas.

3. Lantai aman dan bersih

Pemilihan material lantai sangat penting. Menggunakan lantai kedap air merupakan salah satu syarat rumah sehat yang harus Anda ikuti.

Material ubin, semen, atau keramik bisa Anda gunakan, tetapi tipe lantai ini tidak cukup aman karena mudah licin. Penggunaan lantai vinyl bisa jadi pilihan alternatif lantai yang aman untuk rumah Anda.

Selain itu kebersihan lantai jadi perhatian penting. Lantai yang kotor dan berdebu membuat Anda tidak nyaman dan bisa jadi sumber penyakit.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Rumah Sehat Keluarga Sehat

4. Memiliki paparan cahaya alami

syarat rumah sehat

Syarat rumah sehat harus memiliki pencahayaan alami yang cukup. Rumah yang kekurangan sinar matahari rawan tumbuh kuman, terasa lembab dan tidak nyaman.

Anda dapat memanfaatkan jendela dan pintu untuk membiarkan cahaya matahari masuk. Bukalah jendela dan pintu secara rutin agar kebutuhan cahaya alami rumah Anda terpenuhi.

5. Pembuangan limbah tidak mencemari

syarat rumah sehat

Kamar mandi dan dapur merupakan penyumbang limbah dan sampah yang paling mendominasi. Rumah sehat harus memiliki septic tank dan pembuangan air limbah yang tidak mencemari air tanah.

Jika Anda menggunakan pompa air jarak septic tank harus sejauh mungkin agar air tidak ikut tercemar. Selain itu, syarat rumah sehat pastinya memiliki tempat pembuangan sampah yang tertutup.

Agar lingkungan sekitar rumah Anda tidak tercemar. Siapkan juga dua tempat sampah, yaitu organik dan anorganik.

Baca juga: Ingin Rumah Sehat Bebas Penyakit? Ketahui 5 Hal ini!

6. Penuhi kebutuhan air bersih

syarat rumah sehat

Rumah sehat harus memenuhi kebutuhan air bersih bagi penghuninya. Setidaknya 60 liter air dapat memenuhi kebutuhan satu orang untuk minum, mandi, cuci dan lain-lain.

Peran air sangat penting karena berkaitan erat dengan kebersihan. Jika kebutuhan air terpenuhi maka kebersihan dan kesehatan diri dapat terjaga.

7. Rumah tidak polusi

syarat rumah sehat

Polusi asap yang dihasilkan dalam rumah pastinya datang dari dapur. Untuk itu, rumah harus memiliki ekstraksi asap agar tidak mencemari ruangan lain.

Karena terlalu sering menghirup asap membuat Anda menjadi pengap bahkan dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Terutama bagi anak kecil yang sangat rentan.

Baca juga: 5 Tips Desain Rumah Sehat yang Mudah Diterapkan

Ikuti syarat rumah sehat tersebut untuk lindungi keluarga Anda sebelum terlambat. Bahaya penyakit kapan saja bisa mengancam Anda dan keluarga.

Baik dari luar maupun dalam rumah yang berasal dari material yang Anda gunakan. Pilihlah material yang benar-benar aman, sepeti pemilihan lantai rumah.

Karena lantai adalah interior rumah yang paling mendominasi dan bersentuhan langsung dengan Anda. Lantai vinyl anti bakteri bisa jadi pilihan tepat untuk lindungi Anda dan keluarga dari Ancaman penyakit.

Pesan sekarang juga! dan mulai hidup sehat Anda.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× Chat Whatsapp