Jamur di rumah

Kenali Tempat Berkembang Biak Jamur di Rumah Saat Musim Hujan Tiba

Ketika musim hujan tiba, ada banyak hal yang perlu kita persiapkan untuk terhindar dari segala macam efek saat musim hujan, seperti banjir, rumah bocor, hingga penyebaran jamur di rumah.

Ada begitu banyak alasan kenapa kita semua tidak ingin mengundang jamur di rumah. Pertama, jamur terlihat cukup mengganggu dan membuat rumah tak sedap dipandang.

Kedua, menghirup spora jamur hitam sangat berbahaya dan dapat menyebabkan masalah pernapasan sampai kondisi paru-paru yang serius.

Mengingat jamur cepat berkembang biak saat musim hujan seperti saat ini, yuk cari tahu bagaimana cara untuk terhindar dari penyakit akibat jamur di rumah.

Kondisi ideal untuk pertumbuhan jamur

Sebelum membahas tentang tempat berkembangnya jamur di rumah, Anda perlu tahu tentang kondisi ideal agar jamur di rumah dapat tumbuh. Kita semua tahu bila jamur hitam sering muncul dalam kondisi area yang hangat, gelap, dan lembab.

Jika hal ini terjadi maka, rumah Anda jauh dari kriteria dari rumah sehat. Hal ini juga akan berdampak bagi kesehatan keluarga Anda juga, lho.

Sebenarnya, bau apek adalah tanda pertama yang perlu diperhatikan untuk menunjukan pertumbuhan jamur di rumah. Lebih tepatnya, jamur sering tumbuh di tempat berkumpulnya air.

Jadi, tidak heran bila dinding kamar mandi berisiko lebih tinggi dibandingkan area rumah lain.

Tempat paling umum tumbuhnya jamur

Ada beberapa ruangan di rumah yang menjadi tempat pertumbuhan jamur. Dan berikut adalah beberapa diantaranya. 

1. Kamar mandi

Jamur di rumah

Kamar mandi memiliki begitu banyak sumber air dan seringkali gelap serta hangat. Jadi, tidak mengherankan bila kamar mandi menjadi tempat yang sempurna bagi jamur untuk berkembang biak.

Misalnya pada bagian di sekitar toilet, bak mandi, dinding, di antara sela ubin, area dekat sikat gigi ditempatkan, serta pada handuk yang terlalu sering digunakan dan sering dibasahi.

Bila Anda menemukan adanya jamur di rumah pada salah satu area tersebut, cobalah untuk membersihkannya sesering mungkin.

Baca juga: Tips Menyesuaikan Jenis Lantai di 5 Ruangan dalam Rumah

2. Dapur dan tempat cuci baju

Dapur juga menjadi salah satu ruangan yang rentan dengan tumbuhnya jamur. Bagaimanapun, dapur telah memenuhi syarat sebagai tempat yang cocok untuk berkembangnya jamur di rumah, misalnya kondisi lembab, basah, dan panas.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa segel lemari es atau bahkan mesin cuci untuk memastikannya.

Bila segelnya sering basah, akan mulai rusak atau menarik bagi jamur di rumah. Demi kesehatan, Anda perlu sering membersihkan perangkat tersebut.

Saat membersihkan lemari es, perhatikan di area drip pan dan pastikan untuk membersihkan dan mengeringkan area tempat air berkumpul.

Jamur di rumah

Tidak hanya itu, jamur di rumah juga sangat mudah ditemukan pada tumpukan piring kotor atau bahkan pada piring bersih yang belum dikeringkan.

Untuk mencegah hal tersebut, setelah mencuci piring segera keringkan sebelum menyimpannya. Plus, sering-seringlah mengganti kantong sampah demi kebersihan.

3. Ruang keluarga atau home office

Jamur di rumah

Ruang keluarga atau home office mungkin tidak dianggap sebagai tempat berkembangnya jamur di rumah. Tetapi faktanya, hal ini dapat terjadi.

Biarpun tidak memiliki sumber air, area ini cenderung memiliki banyak buku atau dokumen kertas yang berserakan.

Seperti yang Anda tahu, kertas terdiri dari pulp kayu, di mana ini menjadi tempat ‘prasmanan’ jamur di rumah yang menjanjikan.

Jika kertas berubah menjadi lembab, ia dapat dengan cepat menumbuhkan jamur di rumah yang kemudian hampir tidak mungkin disingkirkan. Beberapa metode seperti dehumidifier menjadi opsi yang dapat diterapkan untuk kasus ini.

Selain itu, ruang keluarga dan home office juga seringkali memiliki tanaman. Bila Anda menyiram tanaman dengan berlebihan, ini dapat mengundang jamur di rumah. Untuk itu, hindari kebiasaan tersebut.

4. Kamar tidur

Jamur di rumah

Bila ada satu ruangan di mana Anda tidak ingin ada jamur di rumah, sudah pasti itu adalah tempat tidur Anda. Bayangkan bila Anda menghirup spora jamur ketika sedang tidur.

Ini bisa membuat Anda mengalami batuk parah atau bahkan lebih buruk. Apalagi jika Anda memiliki masalah penyakit asma. Lalu, di mana biasanya jamur bersembunyi di area tempat tidur?

Sayangnya, jamur dapat dengan mudah ditemukan pada kasur, tempat Anda tidur. Jika kasur yang Anda gunakan sudah tua, itu berarti kasur telah menyerap lebih banyak keringat selama bertahun-tahun.

Dan bila digabungkan dengan panas tubuh Anda, Anda akan menemukan kondisi sempurna untuk pertumbuhan jamur.

Untuk mencegah hal tersebut, lakukan perawatan teratur atau mengganti kasur tiap 10 tahun.
Dengan tahu di mana tempat berkembangnya jamur di rumah, Anda perlu memeriksanya dengan teratur.

Apalagi sekarang sudah musim hujan. Bila Anda menemukan jamur pada area ruangan tersebut, segera bereskan agar Anda dan keluarga Anda terhindar dari penyakit.

Baca juga: Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga, Butuh 5 Peran Seorang Ibu

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *