Kesehatan

Bersihkan Area-area Ini Agar Kesehatan Keluarga Tetap Terjaga!

Tanpa Anda sadari, ada beberapa ruangan di rumah Anda yang menjadi area paling kotor sehingga perlu rutin dibersihkan. Memang sangat mudah untuk melihat spot kotor di dapur karena dapat terlihat secara kasat mata.

Faktanya, ada area lain di rumah yang dapat memengaruhi kesehatan bila tidak pernah dibersihkan. Hal ini pun dilakukan untuk menjaga kesehatan keluarga di rumah. Mari bahas satu per satu bagian dalam rumah yang menjadi tempat persembunyian kuman dan bakteri berbahaya.

1. Dapur

Dapur menjadi salah satu ruangan paling sibuk karena sering digunakan di sebagian besar rumah dan merupakan area paling kotor. Semua elemen yang mendorong pertumbuhan bakteri seperti panas, kelembaban dan makanan tersedia di sana.

Selain itu, semua elemen luar seperti daging mentah, buah, sayuran yang tidak tercuci membuat dapur menjadi penuh bakteri berbahaya seperti E. Coli. Area utama yang perlu sering Anda bersihkan di dapur adalah wastafel, kran air, meja dapur, lemari, kulkas, dan peralatan dapur untuk kesehatan.

2. Kamar mandi

Kesehatan

Sayangnya, beberapa bakteri tetap tinggal di dalam kamar mandi setelah digunakan. Untuk memastikan semua jenis bakteri coliform terkontrol, beri perhatian khusus pada bagian saklar lampu, knop pintu, dan pegangan keran.

Anda perlu rutin melakukan desinfektan untuk membersihkannya. Handuk dan keset kamar mandi juga harus dicuci dengan air panas setidaknya seminggu sekali dan biarkan kering sepenuhnya demi kesehatan. 

3. Ruang keluarga

Area tempat berkumpul keluarga juga menjadi tempat tersembunyi kotoran dan bakteri. Pikirkan tentang berapa kali seseorang menyentuh remote control, game controllers, keyboard, tablet, earbud, headphone atau ponsel di rumah. Apakah mereka selalu menggunakan tangan yang bersih?

Untuk menjaga kesehatan keluarga, Anda perlu membersihkannya secara rutin dengan pembersih desinfektan yang aman digunakan pada barang elektronik. Tempat berkembang biak lain untuk bakteri dan alergen yang ada di ruang keluarga adalah pelapis furnitur.

Kain tersebut dapat saja terkena bersin, tangan yang tidak dicuci, bulu hewan peliharaan, atau tanah dari kaki yang kotor. 

Beberapa jenis bakteri dapat hidup selama beberapa hari pada permukaan tersebut. Agar kesehatan keluarga tetap terjaga, lakukan vacuum dengan hand-held vacuum pada permukaan furniture hingga sampai pada bagian bawah dan sela-sela bantal, tempat di mana bulu binatang atau serpihan makanan terjatuh.

Baca juga: Ingin Rumah Sehat Bebas Penyakit? Ketahui 5 Hal ini!

4. Kamar tidur

Area di rumah yang menurut Anda nyaman dan menenangkan ini juga dapat menjadi tempat berkembang biak bagi jamur, bakteri, tungau dan serangga.

Jika Anda malas membersihkan tempat tidur, ini dapat mengancam kesehatan Anda. Apalagi bila Anda memiliki masalah asma yang menuntut Anda untuk punya tempat dan udara yang bersih.

Kesehatan

Bila seprei dan selimut jarang dicuci, ini dapat menampung kotoran yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti iritasi kulit, eksim, jerawat, infeksi jamur dan bakteri seperti kutu air, alergi dan masalah pernapasan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah satu minggu, sprei tempat tidur lebih banyak memiliki bakteri daripada kenop pintu kamar mandi. Untuk alasan inilah kenapa Anda dianjurkan untuk rutin mencuci sprei, sarung bantal dan selimut setidaknya seminggu sekali.

5. Tempat kotor lain yang sering dilupakan

Ada juga beberapa tempat kotor lain yang seringkali lupa dibersihkan namun faktanya dapat menjadi tempat berkembang biak jamur, bakteri, dan serangga yang berbahaya bagi kesehatan. Tempat-tempat tersebut adalah:

a. Mainan hewan dan mangkok makanan hewan

Kesehatan

Benda ini dapat menampung bakteri coliform dan jamur sehingga perlu dicuci dengan air panas bersabun paling tidak seminggu sekali.

b. Kunci dan dompet

Kedua benda ini hampir dipakai tiap hari dan dapat menjadi sarang kuman dan bakteri. Untuk itu, luangkanlah waktu untuk mencuci kunci rumah, kunci mobil dan dompet secara teratur menggunakan air sabun.Tas ransel

c. Tas ransel

Tas ransel menjadi kebutuhan anak sekolah dan orang dewasa untuk membawa berbagai keperluan. Begitu juga dengan tas olahraga yang digunakan untuk membawa berbagai kebutuhan olahraga, mulai dari baju, celana, dan lainnya.

Oleh karena itu, Anda perlu sering membersihkan dan melakukan desinfeksi pada tas ransel untuk membunuh kuman dan bakteri.

Sekarang, sudah tahu kan area-area mana saja yang ekstra butuh untuk dibersihkan agar kesehatan seluruh anggota keluarga tetap terjaga? Jika ingin perlindungan ganda untuk menjaga kesehatan keluarga, Anda perlu memikirkan untuk mengganti lantai Anda dengan Balian Flooring. Kenapa?

Balian Flooring merupakan lantai Vinyl SPC PERTAMA di Indonesia yang dilengkapi dengan fitur Bio Armor. Fitur ini mampu membunuh bakteri hingga 99,9% dan telah lolos uji klinis by SGS International Test. Untuk info lengkapnya, Anda bisa klik di sini.

Baca juga: 6 Alasan Memilih Lantai Vinyl Menjadi Rekomendasi Terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *