7 Tips Menjaga Rumah Tetap Higienis Untuk Cegah Penyakit

Hidup sehat dan mencegah penyakit bisa diupayakan dengan menjaga kerapihan dan kebersihan rumah. Tidak peduli apakah Anda tinggal di rumah kontrakan, rumah kecil atau rumah berukuran besar, menjaga agar rumah tertata rapi tidak hanya dapat menenangkan pikiran, tetapi juga dapat meredakan stres.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mulai merapikan dan membersihkan rumah tetap higienis. Berikut tips untuk Anda.

1. Kosongkan tempat sampah secara teratur 

Kotak sampah adalah tempat paling kotor di rumah dan dapat menarik berbagai hama, seperti kecoa dan lalat hingga menyebabkan berbagai infeksi dan penyakit. Untuk mencegah hal tersebut, kosongkan tempat sampah secara teratur.

Pastikan untuk menutup tempat sampah agar tidak mengundang lalat dan tetap jaga tempat sampah higienis. Juga, direkomendasikan memisahkan sampah organik dan anorganik untuk memudahkan pengolahan sampah selanjutnya.

Rumah yang bersih dan bebas sampah dapat mencegah penyakit, sekaligus meningkatkan kesehatan anggota keluarga.

2. Jaga rumah bebas debu

Rumah tetap higienis

Tips menjaga kerapihan dan kebersihan rumah tetap higienis selanjutnya adalah dengan memastikan rumah bebas debu. Dinding dan langit-langit berlapis debu dapat menjadi tempat berkembang biak laba-laba dan membuat rumah terlihat menyeramkan.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pembersihan langit-langit dan dinding secara teratur. Pastikan untuk membersihkan dinding dan bagian sudut, lampu gantung, dan kipas langit-langit paling tidak seminggu sekali. 

3. Rawat dapur Anda

Dapur adalah jantung rumah dan menjadi salah satu area paling kotor di rumah. Menjaga kebersihan dapur demi rumah tetap higienis akan bergantung pada kebiasaan harian Anda. Namun begitu, jangan pernah lupa untuk selalu membersihkan meja dapur dan wastafel setelah makan.

Segera bersihkan tumpahan yang terjadi dengan kain basah. Agar tidak menimbulkan aroma busuk, campurkan air dan mild soap untuk menghilangkan minyak dan noda lain di meja dan lemari dapur.

4. Rapikan ruang keluarga

Hal pertama untuk menjaga kerapihan agar rumah tetap higienis dan kebersihan ruang keluarga adalah dengan mengatur item-item yang ada di ruangan tersebut, seperti majalah dan surat kabar yang ada di rak.

Agar ruangan tetap rapi, jangan meneruskan kebiasaan menumpuk barang apapun karena ini dapat merusak tampilan dan kenyamanan ruang keluarga.

Selain itu, jangan lupa untuk menyelaraskan sofa dan perabotan lain yang ada di sana. Untuk menambah nilai estetika, Anda dapat menempatkan tanaman indoor agar terkesan lebih hidup. 

5. Atur agar barang-barang di kamar tidur tertata rapi

Rumah tetap higienis

Sangatlah penting untuk menjaga kamar tidur tetap bersih dan rapi. Ini tidak hanya akan membuat Anda dapat tidur nyenyak, tetapi juga dapat menenangkan pikiran.

Jangan jadikan kamar tidur sebagai gudang dengan keberadaan berbagai macam barang yang sebenarnya tidak perlu ditempatkan di kamar tidur. Sebaiknya, Anda menata semua barang yang ada dengan rapi. Bisa berdasarkan urutan besar-kecil barang, atau berdasarkan warna barang.

6. Jaga kamar mandi tetap kering

Kamar mandi adalah bagian penting di dalam rumah yang juga perlu perhatian. Lantai kamar mandi, tembok, bak mandi, dan pintu perlu dibersihkan paling tidak seminggu sekali untuk memastikan tidak ada debu dan noda di sana.

Selain dapat meminimalisir kuman penyakit, langkah ini juga dapat meminimalisir keberadaan nyamuk yang suka dengan tempat tergenangnya air.

Anda juga perlu memastikan semua bagian tersebut kering. Membuka jendela atau ventilasi udara dapat mempercepat proses pengeringan kamar mandi agar rumah tetap higienis. 

Baca juga: Bebas Repot! 6 Trik Penting saat Membersihkan Kamar Mandi

7. Jaga kebersihan halaman rumah 

Rumah tetap higienis

Merawat tanaman dengan memangkas batang tanaman yang menjulur tak tentu arah sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kerapihan rumah Anda. Anda perlu melakukan ini secara teratur karena ada beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat. 

Selain itu, tanaman berdaun lebat juga berpotensi mengotori halaman rumah. Jika Anda rutin menyapu halaman tiap hari, ini tidak masalah. Namun bila Anda orang sibuk dan hanya punya waktu akhir pekan untuk merapikan dan membersihkan rumah tetap higienis, ini dapat saja merepotkan Anda.

Selain dengan cara di atas, Anda juga perlu membersihkan lantai dengan tepat menggunakan vacuum cleaner dan mengepelnya paling tidak dua kali seminggu agar rumah tetap higienis. Angkat permadani atau karpet dari lantai dan bersihkan area tersebut karena sudah pasti ada banyak debu di sana.

Jika ada anggota keluarga yang punya penyakit asma atau alergi, debu dan bulu binatang dapat menjadi penyebab kambuh penyakit tersebut, lho.

Apabila Anda ingin rumah tetap higienis tanpa harus khawatir bakteri, yuk, mulai berpikir untuk beralih dengan menggunakan lantai Vinyl dari Balian Flooring.

Lantai ini telah dilengkapi dengan fitur Bio Armor yakni fitur yang mampu membunuh bakteri di atas permukaan lantai hingga 99,9% dan telah lolos uji klini by SGS International Test. Untuk informasi lengkapnya seputar Balian Flooring, Anda bisa klik di sini.

Baca juga: Rawan Penyakit Saat Musim Hujan, Ini Gaya Hidup Sehat Agar Tidak Jatuh Sakit!

One Reply to “7 Tips Menjaga Rumah Tetap Higienis Untuk Cegah Penyakit”

  1. Hey there You have done a fantastic job I will certainly digg it and personally recommend to my friends Im confident theyll be benefited from this site

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *